• sore dok, 3 hari yg lalu gusi bagian pojok belakang bengkak dan bernanah, saat ini sudah tidak sakit tapi masih ada nanahnya, kadang keluar sedikit2. saya takut didlm gusi saya masih banyak nanahnya, apa yang harus saya lakukakn? meskipun sekarang sudah tidak sakit lagi, bagaimana agar gusi saya sehat dan tidak bernanah? trimakasih dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gusi bengkak dan bernanah bisa dibabkan oleh beberapa hal, misalnya adalah akibat ginggivitis dan abses ginggiva. Ginggivitis merupakan infeksi pada gusi yang menyebabkan keluhan nyeri pada gusi, bengkak, kemerahan, gusi mudah berdarah, terdapat nanah dan lain sebagainya. Jika infeksi berlanjut terus menerus dan kuman berkembang dengan pesatnya maka akan semakin banyak nanah yang terkumpul dan menumpuk dalam gusi dan timbulah abses ginggiva.

    Penyebab ginggivitis dan abses ginggiva banyak sekali, bisa dicetuskan akibat kebersihan rongga mulut yang tak terjaga, luka pada gusi misal akibat karang gigi, daya tahan tubuh yang menurun dan lain sebagainya sehingga memudahkan kuman untuk tumbuh.

    Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi sehingga dapat dicek secara lebih detail kondisi gusi dan jaringan rongga mulut sekitarnya untuk memastikan kemungkinan penyebab keluhan yang anda alami. Pengobatan diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda. Jika karena ginggivitis dapat diberikan antibiotik untuk membunuh kuman yang aktif berkembang biak serta diberikan obat simptomatik lainnya seperti obat penghilang nyeri dan radang misal paracetamol, asam mefenamat, golongan steroid dan lain sebagainya. Jika timbul abses di gusi maka perlu dilakukan pengeluaran nanah dari kantong absesnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gusi Bengkak Bernanah, Bagaimana Solusinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.