• hallo dok, saya wanita berusia 32 thn telah menikah jalan 2 thn. pada bulan april lalu saya terlambat haid satu minggu, lalu sy haid seperti biasa dan pada bulan mei ini saya haid pas d tanggal haid saya bulan lalu yaitu tanggal 17 haid hari pertama sampai ketiga seperti biasa, tapi setelah hari ke 4 sampai hari ini hari ke 15 sy msh haid tp tdk banyak keluar pada saat buang air kecil, saat saya aktifitas seperti jalan kaki merasakan seperti ada yg mau keluar lalu saya ke toilet keluar seperti gumpalan2 darah tp hanya saat saya buang air kecil. saya belum konsultasikan ke dokter rmh sakit krn sy melihat perkembangan dahulu. mohon infonya dokter. terima kasih.

     

    salam

    retsi

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Menstruasi merupakan kondisi alamiah yang dialami oleh tiap wanita yang memasuki masa pubertas. Haid normal berlangsung kurang lebih 4 hingga 7 hari dengan jumlah darah yang keluar berkisar 60 ml. Haid biasanya akan berulang tiap 28 hari hingga 35 hari. Jika haid berlangsung lama melebihi 7 hari maka bisa disebut sebagai menorhagia. Ada beberapa kemungkinan penyebab menorhagia yaitu antara lain karena:

    1. Hormon yang tak seimbang
    2. Adanya tumor pada rahim, misal mioma uteri, fibroid uteri dan lain sebagainya
    3. Adanya peradangan atau infeksi pada organ-organ reproduksi
    4. Penyakit gangguan darah, misal anemia, leukemia, trombositopenia dan lain sebagainya.
    5. Kegemukan (obesitas)
    6. Keguguran atau abortus juga bisa menyebabkan perdarahan lama
    7. Penggunaan KB hormonal
    8. Faktor stress baik fisik maupun psikis juga bisa menyebabkan keluhan menstruasi yang lama dan banyak.
    9. Asupan nutrisi yang kurang juga bisa menyebabkan gangguan haid, mulai dari haid lama dan banyak atau malah tidak haid sama sekali. Misalnya kurang nutrisi yang mengandung vitamin K dan lain sebagainya.
    10. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda memang harus dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara langsung. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter terutama dokter spesialis kandungan di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Haid Lama Tak Berhenti, Tak seperti Biasanya

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.