• Assalamualaikum….

    Dokter, saya mau bertanya, saya punya keponakan yang berusia 12 th. Sejak Desember 2015 dia sudah mendapatkan menstruasinya yang pertama. Siklusnya normal, sebulan sekali dan lama menstruasi juga normal  sekitar 7 hari.

    Mulai bulan Juni sampai Juli 2016, dia mendapat mendapat menstruasi lebih cepat dari biasanya. Sebulan kedatangan menstruasi selama 2 kali. Masa menstruasi tetap sekitar 7 hari.

    Tidak ada keluhan apa-apa, apakah ini masalah hormonal ? Atau ada penyebab lainnya? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

     

     

     

    Waalaikum salam ww wb. Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan haid memang sering kali dialami oleh wanita, baik wanita usia muda hingga yang lebih tua. Keluhan mulai dari haid yang terlambat atau malah bisa dapat haid dua kali atau lebih dalam sebulan. Penyebab gangguan haid ini beraneka ragam. Pada kasus dimana seorang wanita baru beberapa saat mengalami haid untuk yang pertama kalinya (menarche) maka keluhan ini menjadi hal yang cukup sering dialami. Penyebabnya karena hormon yang masih belum stabil dan masih dalam proses pengaturan. Oleh karena itu tidak jarang mereka mengalami keluhan haid baik haid yang terlambat datang atau haid muncul dalam beberapa kali dalam sebulan. Sebaiknya pada kasus ini, pasien dan keluarga tidak perlu terlalu khawatir karena seiring berjalannya waktu maka kestabilan hormonal akan terjaga dan keluhan – keluhan ini akan hilang dengan sendirinya. Semakin pasien stress justru malah akan membuat hormon menjadi tak stabil sehingga mengakibatkan haid menjadi bertambah tak teratur.

    Cukup diobservasi dalam beberapa bulan hingga haid teratur. Pasien perlu juga menjaga asupan makanannya dengan memakan makanan yang bergizi, olahraga teratur, istirahat yang cukup. Jika keluhan berlanjut  lebih dari tiga bulan ada baiknya memeriksakan diri secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Haid Lebih Sering dari Biasanya

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.