• Dear dokter,

    Dok saya mau tanya, tanggal 8 kmrin haid pertama setelah keguguran (tanpa kuret) darah yg keluar banyak dan gumpalan2 kecil selama sekitar 5harian setelahnya darah sudah tidak keluar tetapi masih kluar flek berwarna coklat(sprti drh kalau haid mau selesai) sampai sekarang, normalkah itu dok?

    terimakasi

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertama – tama sebelum saya menjawab pertanyaan anda, saya ingin menanyakan kembali apakah pasca keguguran anda sudah memeriksakan diri ke dokter? Apakah sudah dipastikan bahwa tidak ada lagi jaringan atau sisa hasil pembuahan yang tertinggal dalam rahim pasca keguguran yang anda alami? Jika memang sudah dipastikan dengan pemeriksaan terutama pemeriksaan USG dan dinyatakan rahim anda sudah bersih dari jaringan sisa konsepsi maka kemungkinan penyebab darah muncul dari proses keguguran yang belum tuntas bisa disingkirkan.

    Haid normal biasanya berlangsung 4 hingga 7 hari. Namun pada beberapa individu haid bisa berlangsung hingga 10 hari hingga benar – benar bersih. Darah yang keluar saat awal haid biasanya berwarna merah kecoklatan, lalu akan semakin merah dan bertambah banyak. Pada akhir – akhir siklus mens, darah akan berkurang jumlahnya dan berubah menjadi flek kecoklatan. Hal ini merupakan hal yang normal dialami. Jika keluhan flek berlangsung lebih dari 10 hari dan tidak kunjung berhenti memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan. Apalagi jika ada keluhan lain yang menyertai misalnya nyeri perut. Namun jika mendekati hari ke 10 flek semakin berkurang dan hilang serta tidak ada keluhan lainnya maka anda tak perlu terlalu khawatir. Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan diri secara langsung ke dokter.

    Silakan baca artikel berikut:

    Penyebab Keguguran, Tanda-tanda, dan Pencegahan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Haid Pertama Setelah Keguguran

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.