• Dok. Mau tax. Setiap mau haid biasa pinggang kiri kanan sy sakit. Perut juga kanan kiri jg sakit. Bergantian..  Kadang paha saya ikut nyeri dan kadang mual jg. Itu kenapa ya dok… Haid jg ndak teratur . kadang sebulan skali . lamanya kadang 3 hr kada g 2minggu itu kenapa dok..

     

    Selamat pagi, Nilam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi mediskus.com.

    Nyeri perut saat haid atau disebut juga dismenorea, biasanya terjadi mulai dari beberapa hari sebelum haid hingga hari ketiga haid. Nyeri bisa ringan hingga berat dirasakan oleh wanita yang sedang menstruasi. Dismenorea dibagi menjadi dismenorea primer dan dismneroa sekunder.

    Dismenorea primer biasanya disebabkan karena kontraksi otot rahim yang terlalu kuat sehingga menekan pembuluh darah di dalam rahim dan menyebabkan suplai oksigen ke otot rahim menjadi terhambat. Kurangnya suplai oksigen ke otot rahim ini menyebabkan timbulnya rasa sakit. Hal ini biasa dialami oleh wanita haid.

    Namun jika nyeri yang dirasakan berlebihan hingga pasien tidak dapat beraktivitas, biasanya akibat dismenorea sekunder. Dismenorea sekunder terjadi karena terdapat penyakit yang mendasarinya, yaitu antara lain:

    1. Fibroid (tumor jinak yang berkembang di dinding rahim)
    2. Adenomiosis
    3. Infeksi menular seksual
    4. Penyakit inflamasi pelvis
    5. Tumor atau kista ovarium
    6. Penggunaan kontrasepsi IUD/ spiral
    7. Dan lain sebagainya

    Siklus menstruasi normal pada setiap wanita berlangsung antara 2 – 7 hari dengan jumlah perdarahan sekitar 10 – 80 ml. Jika perdarahan saat menstruasi berlangsung lebih dari 7 hari atau darah yang keluar terlalu deras (lebih dari 80ml) maka disebut menorhagia. Menorhagia bisa dialami oleh wanita karena beberapa sebab seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini, antara lain :

    1. Ketidakseimbangan hormon
    2. Tumor jinak rahim
    3. Polip
    4. Peradangan atau infeksi organ-organ pada rongga pelvis
    5. Dan lain sebagainya

     

    Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung sehingga dapat diketahui penyebab pasti keluhan anda serta mendapat terapi yang tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Haid Tidak Teratur

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.