• Assalamualaikum dok..

    Saya Azizza umur 23 tahun…  Haid saya tidak teratur…

    Haid pertama saya waktu kelas 6 SD.  Haid pertama 7 hari.  Sesudah itu haid tidak datang selama kurang lebih 1 tahun.. Setelah duduk kls 2 SMP saya haid lagi.  Setelah itu haid tidak lancar lagi kadang libur sebulan, kadang 2, 3, sampai 4 bln… Di umur yang ke 22 tahun saya haid waktu bln 6 2015 setelah bln 6 sampai sekarang bulan 8 2016 saya belum haid haid jg…  Tanpa minum obat kapsul saya tidak haid.  Ini saya coba tidak minum mkapsul haid pun tidak kunjung datang..  Dok apakah saya harus minum mkapsul biar haid saya lancar???

    Saya belum menikah

    Waalaikum salam ww wb. Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Haid normal biasanya berlangsung 3 hari hingga 7 hari dengan siklus yang berlangsung tiap 28 hari hingga 35 hari. Namun banyak wanita yang mengalami keluhan haid baik terlalu cepat datangnya atau malah terlambat haid seperti yang anda alami. Penyebabnya beraneka ragam mulai dari masalah ringan hingga penyakit tertentu yang lebih berat. Ketidakseimbangan hormonal karena satu dan lain hal merupakan penyebab tersering dari keluhan ini.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab keluhan terlambat haid yaitu antara lain:

    1.       Pada wanita yang baru mengalami haid kurang lebih 1 hingga 2 tahun sesudah mulai periode haidnya, sering mengalami terlambat haid karena hormon masih mengalami proses pengaturan. Hal ini menyebabkan pada individu tersebut sering mengalami keluhan terlambat haid.

    2.       Stress. Hal ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal sehingga menyebabkan perubahan siklus mens.

    3.       Berat badan yang sangat rendah, misal pada individu yang menjalani program diet ketat, vegetarian, penderita bulimia , anoreksia dsb.

    4.       Obesitas atau kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan telat mens

    5.       Sindrom polikistik ovarium. Kista menyebabkan ketidakseimbangan hormonal

    6.       KB hormonal terutama KB 3 bulan

    7.       Penyakit organ reproduksi lainnya misalnya tumor, infeksi dan lainnya

    8.       Penyebab lain

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang. Tatalaksana yang diberikan berbeda tergantung dari penyebab keluhan anda. Sebaiknya anda memastikan penyebabnya terlebih dahulu dan jangan langsung meminum obat – obatan tertentu seperti M kapsul.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih atas informasinya….

Beranda Tanya Dokter Haid Tidak Teratur, Adakah Obat Pelancar Haid?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.