• dok saya wanita usia 20 tahun. saya awal menstruasi saat umur saya 11 tahun. menstruasi saya lancar (satu bulan sekali) kira-kira 1 tahun, setelah itu saya tidak menstruasi hingga 8 bulan dan akhirnya saya menstruasi kembali. namun sejak saat itu menstruasi saya tidak dapat diperkirakan periodenya dan bisa 2-3 bulan sekali baru saya menstruasi hingga saat ini menstruasi saya tidak teratur. dan kira-kira 1 tahun belakangan ini di saat saya menstruasi darah yang keluar bukanlah darah segar berwarna merah tetapi seperti bercak darah berwarna hitam layaknya menstruasi sudah hampir usai. saya belum pernah memeriksakan keadaan saya ke dokter secara langsung. apakah keadaan seperti ini normal dok? dan jika harus diperiksakan ke dokter saya harus ke dokter apa? dan bisa diobati dengan pengobatan apa saja?

    terima kasih, dok

    Selamat sore Siska,

    Haid yang tidak teratur namun tidak menimbulkan masalah seperti rasa sakit pada perut ataupun kram saat menstruasi, biasanya menunjukkan adanya masalah pada hormon.

    Ketidakseimbangan hormon bisa terjadi karena pola hidup yang kurang sehat, faktor berat badan (terlalu kurus atau gemuk), stress, ataupun faktor penyakit tertentu.

    Untuk saat ini coba perhatikan Apakah pola hidup yang anda jalani selama ini sudah sehat? seperti makan teratur dengan gizi seimbang, istirahat cukup, banyak minum air putih dan rajin berolahraga, jika belum maka Ubahlah menjadi lebih sehat. perhatikan juga berat badan Anda apakah sudah ideal? jika belum berusahalah untuk mendapatkan berat badan ideal sesuai tinggi badan Anda.

    Apabila anda sudah menerapkan pola hidup sehat, namun keluhan haid tidak teratur masih saja terjadi, maka lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan (Sp.OG).

    Cukup sekian jawaban yang dapat kami sampaikan semoga membantu.

Beranda Tanya Dokter Haid Tidak Teratur, Sering Terlambat

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.