• assalamu’alaikum..wr…wb…

    selamat malam dokter,saya mau bertanya…

    jadi saya sering haid dalam siklus 15 hari ,tapi terkadan di 7 hari pertama haidnya keluar sedikit-sedikit sampai akhirnya di hari ke 10 baru keluar banyak layaknya haid pada umumnya.perna kalau saya banyak pikiran sampai istihadoh dan kelurnya sangat banyak tak seperti haid pada umumnya,apakah itu berbahaya dok,? lalu bagaimana penanganan yang tepatnya,?

    terimakasih atas perhatiannya dok..

    wassalamu’alaikum…wr…wb….

     

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Umumnya periode haid yang dialami oleh tiap wanita berlangsung antara 4 hingga 7 hari. Jika menstruasi berlangsung lebih lama dari 7 hari ataupun perdarahan yang keluar sangat banyak (>80 ml) maka bisa disebut menoragia. Penyebab hal ini bisa karena masalah ringan ataupun karena penyakit lain yang lebih berat. Umumnya beberapa penyebab keluhan menstruasi yang lama dan banyak seperti yang anda alami antara lain:

    1. Ketidak seimbangan hormonal. Bisa karena fluktuasi hormonal anda yang tidak teratur karena bawaan atau karena sebab tertentu misal konsumsi obat – obatan tertentu.
    2. Faktor stress baik fisik maupun psikis juga bisa menyebabkan keluhan menstruasi yang lama dan banyak.
    3. Asupan nutrisi yang kurang juga bisa menyebabkan gangguan haid, mulai dari haid lama dan banyak atau malah tidak haid sama sekali. Misalnya kurang nutrisi yang mengandung vitamin K dan lain sebagainya.
    4. Adanya penyakit hematologi (darah).
    5. Adanya gangguan pada organ reproduksi misal akibat infeksi, tumor dan lain sebagainya.

    Ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter khususnya dokter SpOG untuk mengetahui penyebab pasti keluhan anda. Apalagi jika hal ini sudah berlangsung dalam jangka panjang. Namun ada baiknya anda memperhatikan terlebih dahulu asupan makanan anda, kurangi aktivitas yang berlebihan yang membuat stress baik fisik maupun psikis, istirahat teratur dan rilekskan pikiran anda. Jika keluhan berlanjut selama 3 bulan atau lebih ataupun semakin memberat silakan periksakan langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Haid yang Tidak Lancar dan Lama Sampai 15 Hari

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.