• Saya ingin tanya, tanda-tanda atau ciri – ciri hamil dalam 3 bulan apa aja dok?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi online gratis di mediskus.com.

    Tanda – tanda kehamilan di trimester pertama (usia kehamilan 1 sampai dengan 3 bulan) sebenarnya berbeda – beda pada tiap wanita, antara lain:

    1. Morning sickness. Biasanya ditandai dengan mual dan muntah terutama pada pagi hari namun juga bisa berlangsung sepanjang hari. Mual dan muntah biasanya mulai terjadi sejak minggu ketiga setelah terjadinya pembuahan. Wanita yang sedang hamil di trimester awal biasanya memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap bau yang menyengat misal bau masakan, parfum dan lain sebagainya sehingga merangsang mual dan muntah.
    2. Payudara membesar. Hal ini dipengaruhi karena perubahan hormonal.
    3. Meningkatnya frekuensi buang air kecil. Hal ini terjadi karena membesarnya uterus (rahim) sehingga menekan kandung kemih dan meningkatkan rasa ingin berkemih.
    4. Badan terasa lemah dan mudah capek.
    5. Mudah lapar. Hal ini juga terjadi karena perubahan hormonal.
    6. Pada saat hamil, pembuluh darah cenderung berdilatasi (melebar) sehingga membuat tekanan darah menurun dan menyebabkan sakit kepala.
    7. Emosi menjadi tidak stabil. Ketidakseimbangan hormonal di awal kehamilan membuat ibu hamil mudah cemas, marah, menangis dan lain sebagainya.

    Namun kesemuanya itu hanyalah tanda – tanda tidak pasti yang mungkin terjadi saat kehamilan. Untuk memastikan adanya kehamilan pada trimester awal ( minggu – minggu awal kehamilan) adalah dengan melakukan pemeriksaan USG dan ditemukan adanya kantung kehamilan di dalam rahim. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Ciri Ciri Hamil 3 Bulan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.