• Pagi dok, saya mau tanya baru 1 minggu saya telat haid saya cemas takutnya saya hamil lagi karena anak saya masih kecil. menstruasi saya bulan september kemarin tanggal 23 setelah saya selesai mens saya belum melakukan hubungan dengan suami sampai saat ini, apa mungkin bisa hamil. saya ucapkan terima kasih

    Selamat pagi

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab telat mens apalagi baru 1 minggu bisa disebabkan oleh banyak hal. Dalam forum ini sudah sangat banyak sekali dijelaskan mengenai sebab – sebab telat mens. Secara umum ada beberapa hal yang menyebabkan keluhan telat mens antara lain karena stress berat, berat badan terlalu gemuk atau kurus, kelelahan, kista ovarium, tumor rahim, infeksi organ reproduksi dan masih banyak lagi. Tidak semua penyebab telat haid terjadi karena kehamilan , meskipun memang bisa saja terjadi karena hal ini.

    Tanda kehamilan di awal – awal semester terkadang masih belum jelas sehingga sering kali tidak disadari. Tanda kehamilan dibagi menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil bisa terjadi pada kondisi selain kehamilan seperti morning sickness (seperti mual, muntah); nafsu makan bertambah atau malah berkurang; perut membesar; telat mens; dan hasil test pack positif. Tanda pasti hamil merupakan tanda yang pasti ada saat hamil dan bisa dipastikan bukan karena kondisi lainnya misalnya ditemukannya detak jantung janin dalam rahim ibu dan adanya kantung kehamilan dalam rahim. Hal ini bisa diketahui dengan pemeriksaan USG kehamilan.

    Oleh karena itu untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan diri secara langsung ke dokter.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Beneran Hamil? Inilah Tanda- Tanda Kehamilan Mingggu Pertama

    Sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Hamil Apa Telat Menstruasi Saja?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.