• Salam kenal dok sy anice umur 30th

    Haid sy tidak teratur terakhir haid norma tgl 6 april dan tgl 10 mei sy keluar flek coklat ada yg bilang kalo flek seperti itu tanda hamil jd sy test pack hasilnya ada 2 garis tapi yg 1 samar. Sy test pack selama 7 hari dg berbagai merk hasilnya sama 2 tapi yg satunya samar. Flek itu keluar selama 5 hari. Pertanyaan sy hamilkah sy dengan kondisi sperti itu?

    Dan Tgl 17 mei saya keluar darah segar lumayan bnyak tapi gak ada gumpalan hanya darah kayak haid biasa. Perut bawah nyeri tidak sperti biasanya haid pinggul saya sakit. Apakah nie keguguran atau haid?

    Mohon penjelasannya dok…

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Timbulnya flek atau bercak kecoklatan memang bisa terjadi pada awal kehamilan. Namun ini bukan tanda yang khas dan spesifik pada kehamilan. Perlu dilakukan pemeriksaan lain seperti test pack sebagai upaya untuk menentukan kehamilan yang paling sederhana atau bisa juga dilakukan pemeriksaan USG agar hasilnya lebih akurat. Jika dari tes pack terlihat terdapat dua garis maka menunjukkan hasil positif hamil.

    Pada wanita hamil jika ada keluhan nyeri perut dan keluar darah dari vagina memang diwaspadai akibat keguguran. Gejala keguguran (abortus) antara lain sebagai berikut yaitu:

    1.  Keluar darah dari kemaluan, mulai dari bercak – bercak merah kecoklatan (spotting) pada tahap awal resiko keguguran (abortus iminens) hingga keluar gumpalan darah yang cukup banyak jika keguguran sedang berlangsung.
    2. Nyeri perut. Umumnya nyeri perut berlangsung sangat hebat terutama bila gumpalan janin belum keluar. Setelah gumpalan janin keluar hampir seluruhnya, maka keluhan nyeri akan berangsur-angsur berkurang.
    3.  Terbukanya mulut rahim. Tanda ini hanya bisa dilihat dengan dilakukan pemeriksaan dalam oleh dokter.

    Untuk memastikan sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan (SPOG) sehingga bisa ditegakkan diagnosis dari keluhan yang anda alami serta mendapat terapi yang tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

Beranda Tanya Dokter Hamil atau Keguguran?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.