• begini dok saya sudah dua bulan dengan sekarang belum haid, tapi saya sudah merasakan gejala awalnya seperti payudara merasa sakit, badan berasa pegal-pegal nyeri diperut sama pinggang, dan juga semakin banyak tumbuh jerawat sama seperti bulan lalu tetapi tetap saja tidak haid, trus bera badan juga naik turuh ya meskipun tidak banyak paling 1kgan, oh iya terus akhir2 ini juga sering merasakan sesak nafas. itu kenapa ya dok kira2? terimakasih dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab keluhan terlambat haid bisa disebabkan oleh banyak hal, tidak melulu karena kehamilan. Untuk memastikan kehamilan juga tidak hanya berdasarkan keluhan payudara membesar, nyeri pinggang, mual muntah dan lain sebagainya. Perlu dilakukan pemeriksaan setidaknya dengan pemeriksaan dengan menggunakan alat tes kehamilan (test pack) atau menggunakan USG. Pemeriksaan dengan USG merupakan pemeriksaan yang paling akurat karena dapat dilihat kantung kehamilan jika memang seorang wanita sedang mengandung.

    Selain kehamilan, penyebab keluhan terlambat haid lainnya yaitu antara lain karena:

    1. Hal ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal sehingga menyebabkan perubahan siklus mens.
    2. Berat badan yang sangat rendah, misal pada individu yang menjalani program diet ketat, vegetarian, penderita bulimia , anoreksia dsb.
    3. Obesitas atau kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan telat mens
    4. Sindrom polikistik ovarium. Kista menyebabkan ketidakseimbangan hormonal
    5. KB hormonal terutama KB 3 bulan
    6. Infeksi pada organ reproduksi
    7. Akibat efek obat tertentu
    8. Awal menopause juga menyebabkan keluhan telat mens
    9. Dan lain sebagainya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna menegakkan diagnosis dari keluhan yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Hamil atau Tidak Ya Dok?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.