• Saya mau tanya, sebelum menikah saya suka mengalami telat datang bulan. Telatnya sampai 3 hingga 4 hari. Saya baru menikah 2 bulan lalu, saya terakhir datang bulan itu tanggal 23 september 2106. Dari tanggal 20 oktober 2016 saya mengalami mual, pusing, pinggang sakit, payudara mengeras namun tanggal 23 oktober saya tidak datang bulan. Tanggal 24 oktober saya iseng test pack namun hasilnya negatif. Karena gejala tersebut gak ilang, sementara haid gak keluar2, akhirnya saya tanggal 26 oktober ke dokter kandungan. Pas di periksa meggunakan trans v katanya ada penebalan dinding rahim yang bisa jadi ingin hamil atau ingin datang bulan. Lalu saya di kasih folatin dan vitamin lainnya.

    Karena gejala yang saya alamin masih belum hilang, tanggal 2 november 2016 saya iseng test pack lagi dengan test pack yang harganya paling murah sampai yang paling mahal, hasilnya sama semua yaitu 2 garis namun yang satunya masih samar dan banyak yang bilang itu positif. Akhirnya tanggal 5 november 2016 saya ke dokter kandungan yang berbeda dan di rumah sakit yang berbeda juga. Saya diperiksa meggunakan trans v juga, namun lom ada penampakan apa2. Dokternya Cuma bilang belum keliatan apa2, nanti 2 minggu lagi kesini. Dan saya di kasih folatin dan obat lainnya.

    Namun tanggal 9 november 2016 saya iseng test pack lagi menggunakan sensitif, hasilnya 2 garis terang. Gejala yang saya alamin masih mual, sakit pinggang dan pinggul , payudara mengeras, kepala pusing, serasa pegel. Saya belum periksa lagi karena belum 2 minggu.

    Pertanyaan saya apakah disini saya hamil dokter?? Kalau kasusnya seperti ini, berapa usia kandungan saya dokter?? Di usia kandungan ke berapa, kantung janin dan janinnya sudah bisa keliatan atau muncul dokter ??

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Umumnya kantung kehamilan baru bisa terlihat di usia kehamilan enam minggu. Pada tahap awal kehamilan biasanya memang masih kurang jelas bisa terlihat namun seiring bertambahnya usia kehamilan maka kantung kehamilan akan semakin jelas. Untuk memastikan kehamilan yang paling akurat memang dengan pemeriksaan USG namun memang kadang pada minggu awal kehamilan masih belum terlihat jelas.

    Sebenarnya anda tidak perlu terlalu khawatir karena kejadian seperti ini sering kali terjadi. Beri waktu untuk memastikan apakah janin benar berkembang atau tidak. Ikuti saran dokter yang memeriksa untuk kontrol ulang di waktu yang telah disepakati.

    Tanda hamil sendiri dibedakan menjadi tanda pasti hamil dan tanda mungkin hamil. Tanda mungkin hamil bisa berupa perut membesar, mual muntah, payudara membesar, telat mens, nafsu makan meningkat, berat badan bertambah. Namun kondisi ini bisa juga terjadi pada keadaan lainnya sehingga disebut sebagai tanda mungkin hamil.

    Tanda pasti hamil berupa ditemukannya detak jantung janin, ditemukannya kantung kehamilan lewat Pemeriksaan USG. Tes pack bisa digunakan untuk mendeteksi kehamilan namun termasuk tanda mungkin hamil mengingat hasil positif palsu atau negatif palsu bisa saja terjadi. Hasil positif palsu bisa terjadi di kehamilan luar kandungan, mola hidatidosa. Hasil negatif palsu bisa terjadi saat usia kehamilan masih sangat muda sehingga kadar hormon HCG masih sangat rendah dan belum dapat terdeteksi oleh tespack

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Beneran Hamil? Inilah Tanda- Tanda Kehamilan Mingggu Pertama

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

Beranda Tanya Dokter Hamil Wajar atau Tidak?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.