• dokter sy hamil 4 minggu, di usg kantung bayinya ada. tp sy mengalami pendarahan seperti menstruasi disertai rasa capekdisekitar panggul dan perut bawah selama 8 hr. skarng darahnya sdh tidak keluar. apakah sy keguguran? trimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Perdarahan pada saat hamil memang kerap terjadi pada beberapa wanita. Penyebabnya ada beberapa hal. Saat kehamilan muda misalnya, pasien bisa mengalami perdarahan dari vagina karena faktor hormon yang tidak stabil sehingga sering menimbulkan perdarahan ringan. Selain itu bisa juga terjadi karena keguguran atau biasa disebut dengan abortus. Berdasarkan derajatnya, abortus terdiri dari beberapa jenis yaitu:

    1.       Abortus iminens yaitu kejadian keguguran yang mengancam. Artinya pasien memiliki terancam terjadi keguguran namun masih belum terjadi. Gejala yang muncul bisa berupa rasa nyeri atau kram perut yang tak terlalu dominan serta perdarahan ringan. Hasil konsepsi masih menempel pada rahim dan umumnya masih bisa dihindari perdarahan berlebihan setelah pasien bed rest total dan minum obat penguat janin.

    2.       Abortus insipiens yaitu abortus yang beru terjadi dalam tahap awal, dimana pasien mengalami perdarahan dan nyeri yang cukup kuat, namun mulut rahim masih tertutup dan hasil konsepsi belum keluar.

    3.       Abortus incomplit dimana hasil konsepsi atau janin sudah keluar sebagian. Perdarahan cukup banyak terjadi, mulut rahim terbuka, dan nyeri terasa hebat.

    4.       Abortus komplit dimana janin sudah keluar seluruhnya, darah juga sudah berkurang dan rasa nyeri sudah mulai menghilang.

    Banyaknya kemungkinan penyebab keluhan perdarahan saat hamil muda sehinga penting untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang oleh dokter guna memastikan diagnosis anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Hamil 4 Minggu Pendarahan 8 Hr Apakah Keguguran?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.