• Dok pacar saya Januari lalu mengalami gejala seperti di atas, mual muntah, dan nyeri di perut kanannya. Badan, mata dan urinnya sempat berwarna kuning. Dokter sempat USG n cek darah jg. N dia dirawat di rumah sakit sekitar 3 hari dibolehkan pulang sama dokter. N dia diberi obat 3 macam obat anti mual, dan HEPA-Q…. beberapa hari setelah pulang dia udah gak muntah lagi, trus dia jg konsumsi kunyit. 2 minggu setelah keluar dari RS nafsu makannya sudah kembali normal bahkan meningkat, badan dan matanya jg sudah normal gak kuning lagi begitu juga urinnya. Perutnya juga gak sakit lagi. N skrg dia udah kerja kembali

    • dok aku mau nanya kalau dr segi obat yg d kasih dia tergolong hepatitis apa dok??? Soalnya kami gak tau dia hepatitis tipe apa dlu.
    • Apa kalau semua gejalanya sudah  hilang seperti d atas dia sudah sembuh?? klau sekarang bisa nular ke aku gak??

    Mohon di balas

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Hepatitis merupakan infeksi akibat virus hepatitis baik A, B, C dan lain sebagainya yang menyerang hepar (hati). Keluhan yang muncul untuk kasus hepatitis jenis apapun hampir sama, yaitu berupa demam, badan kuning, hilang nafsu makan dan lain sebagainya. Untuk memastikan virus penyebab maka perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan jenis virus hepatitis yang menyerang.

    Namun jika dokter tidak mengatakan perlu pemeriksaan berkala ataupun pengobatan jangka panjang maka yang kemungkinan terjadi pada teman anda adalah akibat hepatitis A. Hepatitis A biasanya ditularkan melalui fecal – oral, umumnya melalui makanan yang terkontaminasi virus hepatitis A. Penyakit ini bisa sembuh sempurna dalam beberapa minggu yang ditandai salah satunya dengan menghilangnya gejala – gejala yang dirasakan sebelumnya. Namun hepatitis A tetap bisa berulang jika individu tersebut mengalami penularan ulang lewat makan makanan yang tidak higienis dan terkontaminasi virus hepatitis A tersebut. Anda pun bisa tertular jika tidak menjaga kebersihan dan melakukan pola hidup sehat. Jadi paling baik adalah menjaga gaya hidup dengan makan makanan yang bersih dan sehat, usahakan seminimal mungkin untuk makan makanan di tempat yang kurang bersih dan dimasak kurang matang, biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal sehabis dari toilet dan sebelum makan, dan lain sebagainya. Selain itu vaksinasi hepatitis A juga bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    kalau dia di kasih obat Hepa-Q artinya kena hepa apa dok? gak ada spesifikasi tipe untuk obat itu kah?

    n apa kah dia sdah sembuh total? n brapa lama waktu untuk sembuh totalnya?

    apa kah tidak berbahaya kalau dia tetap mengkonsumsi kunyit+madu???.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengetahui Tipe Hepatitis?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.