• Dok apakah orang yang sudah pernah kena herpes zooster pasti terkena HIV juga ?

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Herpes zoster dan HIV merupakan penyakit yang disebabkan oleh dia virus yang berbeda. Herpes zoster disebabkan karena infeksi virus herpes zoster sedangkan HIV merupakan nama virus itu sendiri. HIV dapat berkembang menjadi AIDS.

    Tidak ada kaitannya orang yang pernah mengalami herpes zoster akan mengalami HIV karena seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa keduanya disebabkan karena virus yang berbeda dan cara penularannya pun berbeda. Namun pada pasien dengan HIV positif akan mengalami penurunan sistem imun yang mempengaruhi kekebalan tubuh pasien. Saat kekebalan tubuh pasien menurun maka pasien tersebut akan mudah terserang infeksi lainnya misalnya karena TBC, herpes zoster dan lain sebagainya.

    HIV bisa menginfeksi akibat penggunaan jarum suntik yang berbarengan, hubungan seks, dan transfusi darah. Namun perlu diingat bahwa kesemuanya bisa menular jika jarum suntik yang digunakan pernah dipakai oleh orang yang memang mengidap HIV AIDS, begitu pula dengan hubungan seks dan transfusi darah.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Ciri-Ciri dan Gejala Terkena HIV AIDS

    Sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Herpes Zooster dan HIV

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.