• Dok saya terkena penyakit herpes zoster sudah 5 hari, setelah berobat di rs mitra keluarga saya diberi obat dan salep. Pertanyaan saya, apakah boleh herpes zoster diolesi salep?

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Herpes zoster atau biasa disebut herpes merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan karena infeksi virus. Virus penyebabnya adalah herpes zoster virus. Seperti halnya infeksi virus yang lain, maka keluhan yang muncul awalnya berupa demam tinggi yang diikuti keluhan kulit. Demam akibat infeksi virus umumnya tinggi mendadak. Penyakit herpes zoster akan terjadi pada seseorang yang sebelumnya pernah mengalami penyakit varicella (cacar air). Kelainan kulit akibat herpes umumnya hanya unilateral saja (berada pada bagian tubuh yang satu sisi).

    Keluhan lesi di kulit pasien berupa bintik – bintik kecil bergerombol yang berisi cairan umumnya sebesar jarum pentul. Biasanya terasa nyeri dan pedih pada kulit yang terkena. Seperti penyakit infeksi virus lainnya, maka penyakit herpes zoster ini sebenarnya bisa sembuh sendiri. Lama penyembuhan tergantung sistem imun pasien. Semakin baik kondisi imun pasien, maka makin cepat juga proses penyembuhannya serta semakin sedikit penyebaran lesi yang muncul.

    Pengobatan herpes zoster sebenarnya hanya simptomatik saja untuk mengurangi keluhan. Misal paracetamol untuk mengatasi demam, anti histamin untuk mengurangi gatal. Salep atau pun krim acyclovir juga bisa diberikan pada lesi yang muncul dan ini merupakan pengobatan lazim untuk pasien herpes. Sehingga anda tak perlu khawatir.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Oh begitu. Oke terimakasih ya dok, saya sudah hampir sembuh sekarang ini, kemarin dikasih berbagai macam obat lagi sama dokternya, ada obat minum, salep, sama kompresan. Sekali lagi terimakasih dok.

Beranda Tanya Dokter Herpes Zoster Bolehkah Diolesi Salep?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.