• Selamat pagi dok, hidung anak saya suka mengeluarkan bau tak sedap ketika pilek, apakah itu sinusitis? Bagaimana cara mengatasinya?. Terima kasih atas infonya.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Keluhan bau yang tidak sedap dari hidung bukan hanya karena sinusitis. Namun bisa karena sebab lain misalnya saja:

    1. Rinitis atau infeksi pada hidung. Infeksi pada hidung terutama karena infeksi bakteri sering menyebabkan keluhan pilek, keluar ingus kental, bau tak sedap yang keluar dari hidung, dan lain sebagainya.
    2. Corpus alienum atau adanya benda asing pada hidung sering terjadi pada anak – anak. Hal ini karena anak sering memasukkan benda – benda tertentu, misal kacang, biji – bijian, dan lain sebagainya. Benda asing yang terperangkap pada hidung ini sering menimbulkan keluarnya sekret atau ingus pada hidung. Jika berlangsung selama beberapa hari maka akan timbul bau yang tak sedap karena sekret yang menumpuk ditambah adanya kuman yang berkembang pada bagian tersebut.
    3. Penyebab lainnya

    Sinusitis sendiri merupakan infeksi pada rongga sinus yang menimbulkan keluhan berupa demam, nyeri pada wajah (misal pipi, dahi, sekitar mata, belakang hidung) tergantung dimana posisi sinus yang mengalami peradangan dan infeksi. Keluhan lain yang muncul berupa keluarnya lendir atau ingus, sakit kepala, dan masih banyak lagi.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anak anda ada baiknya diperiksakan dulu ke dokter terutama dokter spesialis THT agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail guna menegakkan diagnosis yang anak anda alami. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Hidung Berbau, Benarkah Sinusitis?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.