• Saya mempunyai putri berumur 3 tahun ,awalnya saya curiga dengan bau yang di timbulkan dari badan anak saya,setelah 3 harisaya pantau ternyata tidak hilang.kecurigaan muncul dari salah satu hidung nya ternyata dari situ,saya lihat dinding hidung memerah,lubang hidung nampak kotoran berwarna hijau.menutupi lubang.terkadang merasa nyeri sekian pertanyaan saya. Mohon jawaban dan langkah solusi yg saya akan jalani

    Selamat malam,

    Keluhan hidung berbau dan berair pada anak seringkali disebabkan oleh adanya benda asing yang tertinggal pada hidung, karena kita tahu bahwa anak-anak terkadang iseng memasukkan sesuatu di hidungnya, misalnya kertas, kapas, dan lain-lain.

    Benda asing yang terdapat dalam hidung lama-kelamaan akan menimbulkan reaksi lokal, dimana hidung berusaha mengeluarkannya dengan memproduksi banyak lendir atau ingus. kita tahu juga bahwa benda asing biasanya mengandung bakteri lama kelamaan bakteri ini menyebabkan infeksi pada rongga hidung dimana benda asing itu berada.

    Sebagai akibat dari proses itu semua, maka bisa kita amati adanya tanda-tanda peradangan pada rongga hidung yang terlihat kemerahan, mengeluarkan lendir, dan baunya ekstra ekstra tidak sedap.

    Tidak ada tindakan yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, pada kondisi seperti ini Anda membutuhkan bantuan dari seorang dokter, khususnya Dokter THT.

    Dokter akan melihat kondisi di dalam hidung anak bapak, kemudian akan dilakukan pembersihan hidung. setelah itu jika perlu dokter akan meresepkan antibiotik untuk menyembuhkan infeksi yang terjadi.

    Sekian, semoga bermanfaat.

Beranda Tanya Dokter Hidung Berair dan Berbau Tak Sedap

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.