• Assalamualaikum.. Dok, mau nanya awal nya saya memang memiliki gejalah flu namun blm flu, ketika itu saya mau berpergian dengan menaiki pesawat udara namun ada sesuatu yang terjadi pada saya ketika pesawat hendak tek off hidung saya berdara kental hingga melalui mulut pun sedikit terkeluar, apakah itu hal yg biasa ketika kita melakukan penerbangan atau memang ada sesuatu yg terjadi secara serius pada saya, mohon jawabannya dok.

    Trimakasi

    1. <b>Ini email saya dok, atas nama lepi leocandra yang bertanya. lepileo68@yahoo. com</b>

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Pada saat sedang flu sebaiknya memang seseorang menghindari untuk bepergian dengan menggunakan pesawat. Karena pada saat flu, tekanan udara dalam pesawat yang berubah secara mendadak dapat mengakibatkan terganggunya tuba eustachius. Tuba eustachius merupakan saluran yang menghubungkan antara telinga bagian dalam dengan rongga di belakang hidung dan juga bagian atas tenggorokan. Hal ini menyebabkan udara dari tenggorokan dan hidung tidak bisa keluar masuk dengan bebas sehingga mengakibatkan munculnya rasa sakit pada telinga selama penerbangan. Selain itu juga bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah di hidung yang mengakibatkan terjadinya mimisan atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai epistaksis. Hal ini tentu menyebabkan ketidaknyamanan dalam penerbangan yang anda lakukan.

    Namun hal ini tidak perlu terlalu membuat anda khawatir. Ada beberapa penanganan yang bisa dilakukan saat anda mengalami hal yang sama di pesawat yaitu antara lain dengan mendudukan pasien secara tegak dan posisi kepala dibuat menunduk. Hal ini bertujuan untuk menurunkan vaskuler (pembuluh darah) dan bisa menyebabkan darah di faring lebih mudah membeku dan berhenti perdarahannya. Lalu bagian cuping hidung pada lubang hidung yang keluar darah bisa dilakukan penekanan dengan menggunakan jari pasien sendiri atau bisa menggunakan jari penolong selama kurang lebih lima menit.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Hidung Berdarah Masalah yang Serius?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.