• Pagi Dok, salam kanal saya dengan adi sanjaya, dok awalnya saya batuk lama gak sembuh stelah periksa rontgen saya terkena brohitis dan harus minum obat rutin oleh dokter, setelah saya cek kembali bronkitis saya sudah sembuh, tiba dada saya masih terasa sesak dan hidung sering tersumbat di sebelah kanan, jika saya bawa olahraga yoga pernafasan lebih enak dan mampetnya ilang.

    Saya sudah periksa ke dokter THT katanya saya alergi debu dan ac. Memang lebih parah jika saya naik mobil dan kena ac lama atau acnya kotor cepet bgt hidung di seblah kanan saya mampet dan kepala pusing.

    Saya sudah minta ke dokter THT dok apa perlu di rontsen aja, dokter jawab gak usah ini cuman alergi saya dikasi obat tetes hidung jika mampet dan anti biotik. Saya mau tanya apakah ada hal lain penyebabnya selain alergi? Karena hasil cek lab darah, rontgen paru2, jantung, tidak ada masalah kata dokter umum dan dokter spesialis dalam, dan dokter sepesialis parunya. Hanya kendalanya kadang  sering kambuh idung tersumbat di sebelah kanan jika saya kena ac terlalu lama dan ingus jika saya melakukan yoga pernafasan sering keluar warna abu2 tapi sedikit kayak karet.

    Mohon bantuanya info lebih jelasnya dok? Apakah saya mesti rongsent hidung saya atau bagaimana?

    Terima kasih bnyak atas bantuannya Dok.

    Selamat pagi Adi Sanjaya,

    Keluhan hidung tersumbat yang muncul saat terpapar suhu dingin atau partikel-partikel debu memang sering disebabkan oleh alergi, atau lebih lengkapnya disebut sebagai Rinitis Alergi. Terlebih dokter yang memeriksa secera langsung juga telah mendiagnosis bahwa itu disebabkan oleh alergi.

    Anda mengeluhkan hidung yang tersumbat tersebut selalu terjadi di sebelah kanan, jika demikian, maka ada kemungkinan lain, yaitu polip hidung.

    Polip Hidung merupakan pertumbuhan abnormal (daging tumbuh) di rongga hiduang yang terjadi akibat respon mukosa hidung terhadap proses alergi pada hidung yang Anda alami dalam kurun waktu yang lama.

    Polip hidung dapat terdeteksi dengan pemeriksaan hidung sederhana oleh dokter. Namun jika dokter THT mengatakan ini tidak ada, maka bisa jadimemang tidak terjai atau mungkin Ada polip tetapi masih kecil.

    Paenyulit lain akibat alergi hidung yang berkepanjangan adalah sinusitis. Apabila hal ini terjadi, maka akan disertai dengan sering sakit kepala, sakit di sekitar tulang hidung, mengalirnya ingus ke tenggorokan saat bagun tidur dan bisa mengalami demam. Jika ini dicurigai, maka pemeriksaan rongsen hidung akan diperlukan.

    Percayakan pada dokter yang menangani Anda secara langsung, dan jangan sungkan untuk kembali kontrol apabila keluhan tak kunjung mereda atau bahkan muncul keluhan baru.

    Solusi tepat untuk mengatasi alergi hidung adalah menghindari penyebab alergi.

    Baca juga: Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat 

    Sekian, terimakasih.

     

Beranda Tanya Dokter Hidung Sering Mampet Akibat Alergi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.