• Malam dokter, aku mau tanya. akhir-akhir ini kepala aku suka sakit banget dan hidung aku mampet jadi susah nafas, dan kalo lagi pake ac atau di tempat dingin pas nafas hidungnya suka perih. Terus mata sama telinga aku juga jadi sakit banget. terus kalo kepalanya sakit banget daerah sekitar muka aku juga suka tiba-tiba sakit.

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sakit kepala atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai cephalgia memiliki banyak kemungkinan penyebab, mulai dari faktor kelelahan fisik maupun mental, stress, tekanan darah abnormal, penyakit infeksi dan lain sebagainya. Keluhan sakit kepala yang anda rasakan bisa berkaitan dengan keluhan gangguan pada hidung yang anda rasakan atau bisa juga tak terkait sama sekali.

    Keluhan pada hidung berupa perih dan lain sebagainya yang timbul saat anda terkena udara dingin bisa saja terjadi akibat rinitis alergi atau infeksi dan peradangan pada hidung karena faktor alergen. Alergen bisa berupa debu, udara dingin, bulu binatang dan masih banyak lagi. Begitu pun dengan keluhan mata dan telinga bisa saja muncul karena adanya paparan dengan faktor alergen tersebut. Terlebih lagi saluran antara hidung, telinga dan juga tenggorokan yang saling terkait sehingga tak heran gangguan pada hidung bisa dengan mudah menyebabkan keluhan juga pada telinga dan mulut, begitu pula sebaliknya.

    Namun masih banyak sebenarnya penyebab keluhan seperti yang anda alami. Sehingga perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna menegakkan diagnosis yang tepat dari keluhan anda. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Hidung Sering Mampet di Udara Dingin

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.