• Dok, hidung saya sensitif terhadap debu, asap, dan bulu kucing. Kalau sudah menghirup hal-hal tersebut, hidung saya biasanya terasa sakit,  jadi saya biasanya menggunakan masker/menghindari itu.

    Lalu pernah sekali saya tertular pilek, namun lama sembuhnya, dan hidung saya tersumbat parah biasanya saat mau tidur. Tersumbatnya dr lubang kiri ke kanan atau sebaliknya tergantung posisi tidur. Dan sepertinya semenjak setelah pilek itu sembuh, saya beberapa kali merasakan hidung gatal trs keluar ingus namun tidak banyak/tersumbat saja. kalau saya tidak pakai masker, rasa gatalnya bisa sampai ke mata. Bahkan tidur pun harus saya pakai maskernya.

    Keadaan ini mengganggu sekali utk saya, karena biasanya terjadi kalau saya berada/setelah dr luar rumah dalam waktu lama. Apakah ini hanya alergi biasa atau saya menderita sinus dok? Karena saya tidak mengalami gejala-gejala sinus seperti nyeri pd bagian muka.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan yang anda rasakan mungkin bisa disebabkan karena rinitis alergi. Ada beberapa gejala dari rinitis alergi yang mungkin muncul antara lain:

    1. Keluar sekret (ingus) yang cenderung berair.
    2. Kadang disertai dengan sakit kepala
    3. Keluhan biasanya dicetuskan oleh udara (misal udara terlalu dingin), debu, bulu binatang dan lain sebagainya.
    4. Kadang disertai rasa gatal pada hidung, mata, dan lain sebagainya
    5. Mata kadang sering berair
    6. Dan lain sebagainya.

    Kadang keluhan rinitis memang bisa menyebabkan sinusitis. Sinusitis merupakan infeksi atau peradangan pada rongga sinus. Umumnya keluhan ini berupa gejala sebagai berikut:

    1. Nyeri pada bagian wajah seperti dahi, pipi, daerah antara dua mata ataupun bagian bawah mata. Rasa nyeri ini tergantung daerah sinus yang terinfeksi.
    2. Ada keluhan sakit kepala
    3. Kadang disertai dengan demam
    4. Biasanya terdapat sekret (ingus), yang jika sudah terinfeksi bakteri seringkali ingus berwarna kehijauan.
    5. Dan lain sebagainya.

    Untuk keluhan anda saya menduga masih terbatas pada rinitis alergi saja. Namun ada baiknya memang diperiksakan terlebih dahulu secara langsung ke dokter. Apalagi jika keluhan terasa memberat dan sangat mengganggu.

    Jika memang akibat rinitis alergi, maka selain obat simptomatik untuk mengurangi gejala pilek seperti anti histamin, atau obat lainnya namun juga yang terpenting adalah dengan menghindari paparan terhadap faktor pencetus agar keluhan tidak semakin memberat ataupun mencegah agar keluhan tidak sering berulang.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Hidung Terasa Gatel dan Tersumbat

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.