• Apakah penderita hiv positif (+) harus minum obat TBC walaupun test bta negatif?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tuberkulosis atau sering disingkat sebagai TBC bisa menyerang paru – paru dan juga organ lain selain paru seperti tulang, kelenjar getah bening, selaput paru (pleura) dan lain sebagainya. TBC disebabkan oleh bakteri Micobacterium tuberculosis yang mudah menyerang seseorang dengan daya tahan tubuh yang rendah. Maka tak heran penderita HIV mudah terserang penyakit TBC ini. Semakin melemahnya daya tahan tubuh pasien akibat HIV maka kuman TBC akan berkembang semakin hebatnya pada tubuh pasien HIV.

    Tidak semua pasien HIV pasti akan selalu juga mengalami infeksi kuman TBC sehingga jika memang tidak terbukti menderita TBC maka tak perlu pemberian obat anti tuberkulosis (OAT). Pasien HIV dengan tuberkulosis juga kadang belum langsung diberikan obat anti tuberkulosis jika pada saat itu daya tahan tubuhnya benar – benar sangat drop atau rendah. Hal ini disebabkan karena pada saat tersebut, tubuh pasien tidak akan tahan dalam menerima beban dosis pengobatan obat anti tuberkulosis.

    Untuk memastikan  kondisi pasien sedang terinfeksi TBC atau tidak, ataukah sudah perlu pengobatan obat anti tuberkulosis atau tidak memang perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan dan kondisi pasien saat itu.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter HIV dan TBC, Bagaimana Pengobatannya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.