• Pagi dok, sy mau tanya mengenai hydrokokel. Apakah bs d sembuhkan tanpa harus di operasi. Dan jika di operasi, apakah ada efek setelahnya misalnya ada gangguan fungsi dok?? Sekian ¬†Terimakasih

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Hidrokel merupakan kumpulan cairan yang berada di dalam skrotum (kantong buah zakar). Cairan ini akan mengelilingi testis (buah zakar) yang berada di dalam skrotum. Hidrokel sering dialami oleh  bayi yang baru lahir. Gejala hidrokel antara lain sebagai berikut:

    Rasa nyeri atau bengkak yang tiba-tiba muncul pada skrotum. Namun bisa juga hidrokel muncul tanpa rasa nyeri.
    Skrotum tampak membesar atau bengkak.
    Hidrokel umumnya tak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun jika hidrokel masih ada setelah anak berusia dua tahun atau malah timbul rasa nyeri, maka diperlukan tindakan operasi untuk menghilangkannya. Pada orang dewasa, hidrokel juga bisa menghilang dengan sendirinya. Biasanay berlangsung sekitar enam bulan.

    Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hidrokel tidak perlu dioperasi kecuali jika menimbulkan keluhan seperti menyebabkan timbulnya rasa nyeri, hidrokel tak menghilang spontan dalam jangka waktu lama, karena alasan rasa malu dari penderita, ataupun jika ukuran hidrokel cukup besar sehingga menyebabkan ketidaknyamanan dan menekan bagian tubuh lainnya dari si pasien. Operasi yang dilakukan untuk menangani hidrokel juga sangat aman dan tak menimbulkan efek samping berupa gangguan fungsi skrotum dan testis.

    Untuk memastikan tindakan terbaik dari keluhan yang anda alami maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Hydrokokel pada Laki-laki

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.