• <p style=”text-align: left;”>Selamat siang dok. Saya belakangan ini mengalami gatal di anus tidak bisa dibilang parah tapi lumayan sering. Takut karena cacing saya minum combatrin tapi masih gatal ini karena apa yang dok? Apa saya terkena infeksi cacing lagi atau hal lain? terima kasih.</p>

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gatal pada anus bukan hanya karena terserang cacing kremi saja. Banyak penyebab lainnya seperti dermatitis alergi, gigitan binatang, dan masih banyak lagi. Sebagai informasi untuk anda, gejala cacing kremi antara lain:

    1. Gatal di sekitar anus (bokong), terutama saat malam hari. Karena saat malam seseorang berada pada saat istirahat dan cenderung santai sehingga rasa gatal lebih terasa.
    2.  Vaginitis (infeksi pada vagina). Jika tidak diobati, maka dapat menyebar sehingga menimbulkan vaginitis
    3. Keluar cacing saat buang air besar (BAB). Biasanya berukuran 1 cm dan sering bercampur pada feses/ tinja atau bisa juga terlihat di anus.
    4. Gejala lainnya antara lain berupa nyeri perut, mual, dan lain sebagainya.

    Cacingan akibat cacing kremi (Enterobius vermicularis) bisa dialami oleh anak – anak maupun orang dewasa. Penyakit ini ditularkan dari individu ke individu lain akibat sanitasi lingkungan ataupun higiene yang buruk. Oleh karena itu menjaga higiene dengan baik (seperti cuci tangan dengan air mengalir disertai menggosok sela – sela kuku sebelum makan dan sesudah dari toilet ) dapat menghentikan penyebaran infeksi akibat cacing ini.
    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Pemeriksaan efektif seperti apa yang dibutuhkan untuk mengetahui cacing kremi ? bila memang penyebabnya cacing kremi, bagaimana pengobatan yang paling efektif ? obat apa? dosisnya? kapan pengulangan obatnya ?

    untuk anak perempuan diatas 5 th.

Beranda Tanya Dokter Infeksi Cacing Kremi atau Bukan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.