• Dear Dokter,

    Kedua mata saya merah dan mengeluarkan cairan kental seperti lendir. Oleh dokter SPM divonis terinfeksi virus dan diberikan obat tetes Maxitr*l, Hial*d dan suplemen Optim*x.

    Dokter menyarankan istirahat selama 5 hari. Di rumah ada istri sedang hamil 7 bulan dan anak usia 4 tahun.

    Apakah virus dapat menular ke janin di kandungan? Bagaimana caranya untuk bisa beraktivitas normal dengan resiko rendah menularkan?

    Apakah penggunaan kacamata dapat mengurangi resiko penularan?

     

    terima kasih sebelumnya.

    Selamat siang, mohon maaf baru sempat membalas pertanyaan anda.

    Infeksi virus yang menyerang mata atau disebut dengan konjungtivitis viral, penyakit ini dapat sembuh sendiri namun membutuhkan waktu beberapa hari biasanya (satu hingga dua minggu).

    Virus yang menyebabkan konjunctivitis memang begitu mudah untuk menular kepada orang disekitar. Penularan terjadi melalui kontak secara langsung ataupun tidak langsung. virus juga dapat menyebar ke udara.  Virus tidak ditularkan kepada janin dalam kandungan. tidak pula menular melalui pandangan mata.

    Adapun beberapa cara agar mengurangi resiko penularan ke orang lain, maka lakukanlah hal-hal berikut ini:

    • Penggunaan kacamata dapat mengurangi resiko penularan.
    • hindari menyentuh mata yang sakit dengan menggunakan tangan secara langsung, gunakanlah tisu yang bersih Lalu membuangnya ke kotak sampah.
    • Sebelum dan setelah menyentuh mata atau bagian di sekitarnya, bersihkanlah tangan dengan cara mencuci dengan sabun dan air mengalir. jangan menggunakan handuk yang dipakai bersama-sama untuk mengeringkan tangan, tapi gunakanlah tisu sekali pakai.
    • Apabila tangan yang sudah terlanjur terkontaminasi menyentuh benda-benda yang umum digunakan di rumah misalnya remote handle pintu atau handphone, maka bersihkanlah peralatan-peralatan tersebut dengan cairan antiseptik, misalnya alkohol 70%.
    • Hindari berlama-lama dalam satu ruangan dengan orang yang sehat apalagi ruangan tersebut sempit.
    • Ajarkan anak untuk melakukan hal yang sama sebagai langkah pencegahan.

    Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Beranda Tanya Dokter Infeksi Mata Karena Virus

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.