• Assalamu’alaikum dok

    saya mau tanya,tanggal 19 pagi telinga luar saya gatal,terus beberapa jam kemudian telinga saya terasa sepeti tertutup dan malamnya gigi saya sakit dan demam.tanggal 21 saya bawa ke dokter tht,kata dokternya infeksi telinga,terus saya dikasih obat tetes sama obat capsul.dan sampai hari ini baru gigi saya yang sembuh dok tapi untuk telinga masih sama saja,tolong bantuannya dok.

    Terima Kasih

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan telinga terasa gatal disertai rasa penuh tertutup, demam, dan sakit gigi memang gejala yang terjadi akibat infeksi telinga. Namun infeksi telinga juga harus ditentukan apakah mengenai telinga luar atau hingga ke bagian tengah bahkan telinga dalam. Karena hal tersebut turut mempengaruhi proses penyembuhan penyakit. Infeksi telinga juga bisa disebabkan oleh bakteri ataupun jamur. Infeksi karena bakteri umumnya lebih mudah dan cepat disembuhkan dibandingkan infeksi jamur. Namun tetap perlu waktu untuk penyembuhan infeksi telinga.

    Pengobatan yang dibutuhkan untuk infeksi telinga misal karena bakteri setidaknya butuh waktu lima hari agar proses penyembuhan berlangsung sempurna, dengan catatan terapi yang diberikan adekuat yaitu dengan pemberian obat antibiotik baik obat minum ataupun tetes telinga serta obat simptomatik lainnya yang dibutuhkan. Konsumsilah obat sesuai dengan petunjuk dokter anda sebelumnya. Jika selama 5 hari atau hingga obat habis namun keluhan belum membaik, segeralah berkonsultasi ulang dengan dokter anda agar mendapat terapi lanjutan. Seringkali juga kuman yang menyerang cukup kuat pertumbuhannya dan kurang respon terhadap antibiotik yang diberikan, sehingga mungkin butuh pemberian antibiotik yang lebih lama ataupun penggantian antibiotik yang lebih sensitif terhadap kuman tersebut. Perhatikan pula cara konsumsi antibiotik yang anda gunakan, harus tepat waktu sesuai dengan petunjuk dokter. Jangan sampai terlewat karena hal tersebut sangat mempengaruhi keberhasilan terapi. Selain itu hindari mengorek telinga, karena akan memperparah keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih dok atas jawabannya,hari ini kan obat saya terakhir habis dok nah telinga saya belum sembuh,tapi tetes telinganya masih.itu selanjutya nunggu tetes habis dulu baru ke dokter THT lagi atau obat habis langsung ke dokter lago dok serta kiat2 agar penyembuhannya bisa cepet dok,mohon solusinya juga ya dok.

     

    Terima Kasih Dokter

Beranda Tanya Dokter Infeksi Telinga, Bagaimana Solusinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.