• Dear tim mediskus,

    Saya David, ingin bertanya mengenai kejadian yang terjadi dengan saya dok. BAB saya berdarah, tetapi ketika saya baca mengenai ciri-ciri Wasir/Ambien tidak ada kemiripannya.

    Kejadian saya pertama terjadi +- 1bulan lalu(akhir Mei- awal Juni 2016) ketika itu BAB saya bisa dikatakan seperti ketika mengalami diare, saat itu juga darah banyak keluar dok, awalnya saya tidak sadar sampai saya melihat bahwa banyak sekali darah keluar, sampai menetes juga setelahnya, saat saya ingin mencebok(membersihkan) tangan saya juga sampai berubah jadi merah. Tetapi tidak ada rasa sakit atau apapun dok, dan hanya terjadi sekali itu saja, kemudian tidak pernah terjadi lagi, walaupun saya BAB lagi di hari tsb dan di hari berikutnya.

    Tetapi kemudian hari ini (6 Juli 2016) kejadian yang sama terjadi, hanya saja kali ini tidak separah kemarin, tidak banyak, tidak menyebar kemana2, dan tidak menetes, ketika saya mencebok pun tidak ada bekas darah di sekitar anus saya seperti kejadian sebelumnya, hanya saja saya tau ketika saya menyiram bekas pembuangan BAB saya, di salah satu bagian feses tersebut keluar darah yang mirip seperti kejadian sebelumnya, walau tidak banyak.

    Jadi saya bingung dok apa yang harus dilakukan, saya memang saat ini sedang kuliah(malam) dan bekerja full-time di pagi hari(layaknya orang kantoran pada umumnya), berusia 20 tahun, dan berat saya terakhir ukur +-68kg ,dulunya ketika sma saya hobi olahraga yang jujur saya sangat sangat jarang lakukan saat ini, apa saya harus melakukan diet dengan pola makan tertentu? atau harus mengunjungi dokter? atau ada solusi lainnya dok?  saya tunggu kabar nya dok. Terima kasih :)

     

    Salam,

    David

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab buang air besar memang ada banyak hal, bukan hanya karena ambeien saja. Namun biasanya masing – masing penyakit memiliki beberapa tanda dan gejala yang berbeda tergantung sumber penyebab keluhan. Akan tetapi hal ini biasanya perlu digali dengan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang. Penyebab keluhan anda masih mungkin disebabkan oleh ambeien atau hemorrhoid.  Hemorrhoid sendiri memberikan gejala berupa keluhan BAB berdarah berwarna merah, biasanya warna darah merah segar. Keluhan ini bisa disertai nyeri ataupun tanpa nyeri, bisa disertai keluarnya benjolan dari dalam anus ataupun tanpa benjolan tergantung tingkat keparahan atau progresivitas penyakit.

    Selain karena hemorhoid, penyebab keluhan BAB berdarah bisa juga karena infeksi saluran cerna, misal karena Shigella disentri yang menimbulkan keluhan BAB lebih dari 3 kali per hari berwarna merah, bisa disertai lendir, gejala demam dan lainnya. Selain itu masih ada beberapa penyebab lainnya. Oleh karena itu untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter secara langsung di daerah tempat anda tinggal. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan. Namun ada baiknya anda menjaga asupan makanan anda dengan makanan berserat tinggi, bersih,  perbanyak konsumsi air putih serta menghindari mengejan terlalu kuat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Selamat Sore,

    Terima kasih membalas pertanyaan saya, setelah mendengar jawaban ibu dokter yang sangat membantu, dan memperjelas hal yang sebelumnya tidak jelas bagi saya, terima kasih juga atas sarannya,  saya memutuskan untuk menghubungi dokter di tempat saya tinggal untuk konsultasi lebih lanjut.

    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, semoga sukses selalu.

     

    Salam,

    David

     

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab BAB Berdarah Selain Wasir?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.