• dok, saya mau tanya dong ,, saya baru aja lepas KB implant, tapi belum ada 1bulan.,,,,,apa saya bisa hamil dalam waktu 1 bulan??

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Beberapa wanita ada yang menunda kehamilan atau berusaha menjaga jarak antara kelahiran anak satu dengan lainnya. Ada beberapa upaya yang dilakukan misalnya dengan menggunakan alat kontrasepsi hormonal. Alat kontrasepsi hormonal contohnya pil KB, KB suntik 1 bulan, 3 bulan, maupun implan. Alat kontrasepsi hormonal ini banyak disukai karena murah dan membuat pasien merasa “aman dan nyaman”. Namun banyak keluhan menjadi sulit hamil setelah KB hormonal tersebut dilepas. KB hormonal bekerja dengan “mengganggu” pola hormon normal seorang wanita sehingga menjadi tidak bisa dibuahi sehingga ketidak seimbangan hormonal tersebut berefek menjadi ketidaksuburan.

    Kandungan obat KB hormonal, misalnya implan, akan disimpan dalam jaringan lemak tubuh. Sehingga meskipun KB sudah dihentikan atau dilepas maka kandungan obat hormonal masih berada dalam jaringan tubuh yang kemudian akan dilepaskan secara perlahan ke dalam peredaran darah. Hal ini yang menyebabkan seorang wanita yang telah menjalani kontrasepsi hormonal sebelumnya dan telah lepas KB meskipun seudah 3 bulan lalu atau malah lebih, menjadi tidak bisa langsung hamil. Kandungan obat harus hilang sepenuhnya dan rahim juga harus siap untuk dibuahi kembali. Kembalinya keseimbangan hormonal pada tiap wanita yang pernah mendapatkan KB hormonal sebelumnya berbeda antara individu satu dengan lainnya. Sehingga perlu kesabaran untuk menunggu. Silakan konsultasi dengan dokter secara langsung agar dapat memperoleh keterangan secara lebih jelas dan detail.

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Tapi saya menstruasinya sebulan sampk 2 kali dok,, apa itu bisa dikatakan sudah subur kandungan q dok??

Beranda Tanya Dokter Ingin Hamil Lagi Setelah Lepas KB Impant

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.