• Selamat malam pak dokter. Saya udah seminggu batuk dan pilek. di hari2 pertama disertai demam, tapi seterusnya dan sampai sekarang demamnya udah hilang. Tapi pilek dan batuknya masih. Tapi tadi sore pas buang ingus ingus nya warnanya kecoklatan atau keoranyeoranyean. Apakah saya terkena sinusitis dok?  terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan batuk pilek demam umumnya terjadi karena infeksi saluran napas baik karena bakteri, virus, jamur dan mikro organisme lainnya. Ingus (sekret) yang keluar bisa berwarna bening hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan, kehijauan atau malah bercampur darah. Hal ini biasanya berkaitan dengan penyebab keluhan.

    Pilek dalam jangka waktu lama memang bisa menyebabkan terjadinya sinusitis jika sekret terkumpul dalam rongga sinus. Sinusitis bisa bersifat akut jika berlangsung kurang dari 4 minggu atau sinusitis kronik jika lebih dari 4 minggu. Gejala klinis keduanya memang hampir mirip, perbedaan jelasnya hanya di waktu perjalanan penyakitnya. Sinusitis bisa menyebabkan beberapa keluhan yang sering dialami yaitu antara lain:

    1. Sakit kepala
    2. Sakit dan rasa penuh pada wajah (pipi, dahi, dan lain sebagainya)
    3. Demam
    4. Hidung tersumbat
    5. Berkurangnya penciuman
    6. Kadang disertai keluhan lemas, susah bernapas dan lain sebagainya
    7. Keluar sekret atau ingus pada hidung. Ingus bisa berwarna putih, kuning kehijauan dan lain sebagainya

    Anda bisa berkonsultasi secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang sesuai sehingga bisa tegak diagnosis penyakit yang anda alami serta mendapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih dok. Tapi itu baru satu minggu kan dok. Berarti penyembuhan nya tidak perlu menjalankan operasi kan?

Beranda Tanya Dokter Ingus Berwarna Kecoklatan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.