• Assalamu’alaikum Wr. Wb. Selamat Siang

    Saya mulai resah Dok, ingus awalnya berwarna bening-putih, setelah 3 hari belakangan ini hanya “sebelah kanan saja” yg beringus dan ada warna orange-kemerahan. Disertai Nyeri pada samping hidung dan atas alis seblah kanan serta agak pusing .

    Kalau saya ingat itu setelah pada awal” flu cara sya kluarkan ingus terlalu keras.

    Apakah itu penyebabnya atau ada penyebab lain, Serta bagaimana cara pengobatanya?

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Bpk/Ibu Dokter yang baik atas kesempatannya dan solusi yang diberikan

    Wassalamu’alaikum salam Wr. Wb.

     

     

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan dimana ingus berubah warna dari semula berwarna bening menjadi kemerahan disertai rasa nyeri pada daerah samping hidung dan atas alis maka saya menduga terjadi infeksi pada rongga sinus anda atau biasa disebut sinusitis. Sinusitis memiliki gejala keluarnya sekret atau ingus berwarna bening atau disertai perubahan warna disertai rasa nyeri di wajah tergantung area sinus yang terinfeksi, bisa disertai rasa sakit kepala, demam dan lain sebagainya. Namun perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk menegakkan diagnosis penyakit ini. Pemeriksaan penunjang yang bisa dilakukan adalah berupa foto rontgen waters untuk mengetahui ada tidaknya ingus yang terperangkap dalam rongga sinus.

    Selain akibat sinusitis, bisa saja apa yang anda alami akibat infeksi saluran pernapasan atas lainnya, misalnya akibat infeksi pada rongga hidung (rinitis) akibat infeksi bakteri atau mikroorganisme lainnya. Keluhan rinitis akibat infeksi bakteri misalnya bisa menunjukkan keluhan berupa pilek, keluar ingus kental berwarna kuning kehijauan, kadang bisa bercampur darah, sakit kepala, demam dan lain sebagainya. Berbeda dengan sinusitis maka tidak ada keluhan nyeri di rongga sinus yang terjadi. Selain akibat rinitis, bisa saja penyebab ingus kemerahan akibat massa di dalam hidung, misalnya akibat polip hidung.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan konsultasi secara langsung dengan dokter terutama dokter spesialis THT di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Ingus Berubah Warna Jadi Kemerahan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.