• Selamat diang dok, saya mengalami ingus berdarah dok , dan ketika saya menarik ingus saya hingga ketenggorokan keluarlah lendir bercampur dengan darah dok, saya sudah mengalami selama 2 hari menurut dokter apa yang harus saya lakukan ?

    Selamat Siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebelum menentukan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi keluhan yang anda alami berupa ingus berdarah, yang lebih penting dan utama adalah menentukan penyebab keluhan tersebut. Sebelum bisa menentukan diagnosis yang tepat maka terapi yang paling tepat juga tidak bisa diputuskan. Penyebab ingus berdarah sendiri ada beberapa hal antara lain karena adanya perdarahan pada hidung akibat pembuluh darah kapier hidung yang pecah. Pecahnya pembuluh darah ini menyebabkan darah keluar. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini antara lain karena faktor  alergi, kebiasaan menggosok hidung terlalu kuat, kondisi cuaca ekstrem misalnya terlalu panas atau terlalu dingin, Akibat mengeluarkan ingus yang terlalu kuat, tekanan darah naik (hipertensi),  dan penyebab lainnya.

    Pada kasus anda dimana saat ini anda sedang flu maka kemungkinan terbesar adalah akibat saat anda menghembuskan nafas terlalu kuat untuk membuang ingus yang menumpuk. Jika darah tidak banyak dan tak berlangsung lama (kurang dari lima belas menit) maka hal tersebut tak perlu terlalu dikhawatirkan. Hal ini memang biasa terjadi. Namun jika keluhan berlanjut maka ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter di daerah anda agar bisa diberi terapi yang sesuai dengan kondisi anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Ingus Berdarah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.