• Misi dok mau nanya saya 18 tahun, sedang mengalami pilek dan masih berdahak tapi hidung sebelah kanan saya mampet dan kalau di keluarkan ingusnya berwarna kecoklatan

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Batuk dan pilek merupakan keluhan yang sangat umum terjadi dan dialami oleh tiap orang. Penyebabnya bisa karena banyak hal misal karena faktor alergi dan juga karena infeksi. Infeksi yang terjadi juga bisa karena infeksi bakteri, virus ataupun mikroorganisme lainnya. Saat pilek maka akan keluar cairan dari dalam hidung. Cairan ini bisa berwarna bening, atau mengalami perubahan warna seperti kekuningan, hijau bahkan hingga kecoklatan. Ingus yang berubah warna menjadi kecoklatan pada saat anda sedang pilek bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat pengaruh debu, asap atau kotoran lain dari luar yang terperangkap di dalam hidung. Selain itu bisa juga disebabkan karena adanya bercak darah yang bercampur dengan ingus tersebut.

     

    Ada beberapa keadaan yang menyebabkan ingus kecoklatan akibat bercampur dengan darah yaitu karena:

    1.       Pecahnya pembuluh darah kecil yang ada di hidung karena menggosok dan menekan hidung terlalu kuat saat hidung terasa gatal atau karena menghembuskan napas sangat kuat saat akan mengeluarkan ingus.

    2.       Infeksi pada rongga hidung atau sinus juga bisa menyebabkan keluhan ingus berwarna kecoklatan

    3.       Karena tumor atau keganasan pada rongga hidung

    4.       Penyebab lainnya

     

    Jika ingus kecoklatan tidak muncul tiap saat dan tak terlalu banyak maka anda cukup mengobservasi saja sambil menjaga kesehatan anda dan hindari tindakan yang bisa menambah banyak darah yang keluar seperti menggosok hidung. Jika keluhan berlanjut silakan periksakan langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Ingus Berwarna Ke Coklatan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.