• dok,sya sudah 5 hri keluar ingus berdarah,bdan terasa lemas itu gejala sinus bukan ya?
    Terus sya mau tanya lgi bedanya sinus sama polip apa?makasih sebelumnya

    Selamat sore,

    Keluarnya darah bersamaan dengan ingus, menandakan bahwa adanya iritasi atau robekan pembuluh darah di dalam hidung. hal ini bisa terjadi ketika mengalami pilek yang lama atau adanya infeksi pada saluran hidung dan sinus.

    Ketika infeksi terjadi, maka biasanya akan disertai dengan rasa sakit disekitar hidung ataupun wajah dan tak jarang badan mengalami demam, demam yang muncul bisa ringan bisa tinggi. Salah satu jenis infeksi pada hidung adalah sinusitis.

    SINUSITIS

    Sinusitis merupakan infeksi pada rongga sinus yang terletak di sekitar hidung, rongga sinus berada di dalam tulang wajah sekitar hidung dan memiliki saluran ke hidung. Di dalam rongga sinus ada lapisan lendir yang menghasilkan lendir lendir untuk mengusir debu dan kotoran lainnya. Ketika sinusitis terjadi, maka lapisan lendir itu mengalami pembengkakan dan peradangan sehingga menyebabkan nyeri dan bisa sampai menyebabkan salurannya tersumbat.

    lebih lanjut silahkan membaca: 9 Gejala dan Ciri-ciri Sinusitis

    Polip Hidung

    Adapun polip adalah pertumbuhan jaringan yang menonjol di dalam rongga hidung sebagai respon terhadap iritasi yang sering terjadi dan berlangsung lama, sering alergi terpapar asap dan debu. gejala yang sering pada polip adalah tersumbatnya hidung pada sisi yang sama, tidak seperti ketika flu yang berganti-gantian.

    Lebih lanjut, silahkan baca: Polip hidung.

    Memang pada kondisi yang berat keduanya bisa menyebabkan keluarnya ingus bercampur darah.

    Apapun penyebabnya jika anda masih ragu dan khwatir mengenai gejala yang anda alami, maka sebaiknya periksakan ke dokter.

     

Beranda Tanya Dokter Ingus Campur Darah, Sinusitis atau Polip?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.