• Dok, kaka saya umur nya 20 tahun
    dari kemarin terasa mual, tadi muntah tapi ada darah nya
    kira2 kenapa dok?

    tadi di cek ke dokter tapi kata nya uluh hati nya luka, tapi setau saya bila uluh hati luka, mungkin kaka yasa sudah di rawat inap.

    lalu kaka saya di beri obat paracetamol

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan muntah yang bercampur darah dalam istilah kedokteran biasa disebut sebagai hematemesis. Darah yang bercampur dengan muntah bisa berwarna merah segar atau berwarna kehitaman. Darah yang keluar bisa sangat banyak namun juga bisa berupa bercak – bercak saja. Keluhan muntah darah biasanya sering disertai keluhan lainnya. Hal – hal ini perlu digali secara detail informasinya guna membantu menegakkan diagnosis keluhan anda.

    Secar umum, penyebab muntah darah ada beberapa hal yaitu karena:

    1. Gangguan di lambung misal berupa gastritis erosif atau karena ulkus gaster (tukak lambung). Penyakit gangguan lambung ini akan menimbulkan keluhan muntah darah kehitaman akibat darah yang bercampur dengan asam lambung.
    2. Pecahnya pembuluh darah kecil Akibat batuk yang terlalu kuat dan dipaksakan sehingga merangsang refleks muntah dan memicu pecahnya pembuluh darah kapiler di sekitarnya.
    3. Pecahnya pembuluh darah esofagus pada penyakit tertentu misal sirosis hepatis juga bisa menyebabkan keluhan muntah darah. Namun umumnya darah yang keluar sangat banyak, pasien juga keadaan umumnya kurang baik.
    4. Infeksi pada saluran cerna.
    5. Dan lain sebagainya

    Silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Dokter perlu melakukan pemeriksaan secara langsung, baik pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sehingga dapat ditegakkan diagnosis penyakit yang tepat. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Mual dan Muntah Darah?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.