• Selamat pagi dok. Saya mau tanya. Saya bak terus menerus tapi sedikit2. Setelah bak itu keluar gumpalan darah dan terasa sakit di perut bagian bawah. Kira2 itu kenapa ya dok? Terima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan saat buang air kemih kerap kali dialami. Keluhan yang muncul beraneka ragam mulai dari nyeri saat berkemih, keluhan sering kencing sedikit – sedikit, buang air kecil berdarah dan lain sebagainya. Penyebab keluhan – keluhan ini beraneka ragam misalnya karena:

    • Infeksi saluran kemih. Gangguan ini bisa menyebabkan keluhan nyeri saat berkemih, tidak puas sehabis berkemih (anyang – anyangan), sering kencing hingga keluar darah saat berkemih. Kuman penyebab beraneka ragam bisa karena virus, bakteri atau parasit lain. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan urine untuk memastikan ada tidaknya kuman dalam urine serta jenisnya.
    • Batu saluran kemih bisa menyebabkan keluhan nyeri suprapubik (perut di atas kemaluan),  nyeri saat kencing, keluhan kencing berulang, BAK berdarah dan lain sebagainya. Perlu pemeriksaan penunjang misal dengan rontgen ataupun USG untuk memastikan ada tidaknya batu saluran kemih.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter di daerah anda agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail. Pengobatan yang diberikan harus sesuai dengan penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut yang mungkin terkait keluhan anda:

    Ketahui Penyebab Kencing Berdarah yang Anda Alami

    Sakit Kencing (Buang Air Kecil)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter ISK Disertai Gumpalan Darah, Apa Sebab dan Bahayanya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.