• Selamat pagi pak, saya ingin bertanya di selangkangan sebElah kiri saya terdapat kulit berwarna putih, apakah itu infeksi dari jamur ? bagimana penanganannya dan apakah ada obat khusus pak? terima kasih banyak

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kulit berwarna putih pada selangkangan tidak selalu berkaitan dengan jamur. Hal tersebut bisa saja terjadi pada anda yang memiliki kebiasaan menggaruk bagian selangkangan dengan frekuensi yang sering sehingga membuat penebalan pada kulit. Penebalan pada kulit ini lama kelamaan bisa menjadi skuama – skuama ( lembaran – lembaran kulit tipis berwarna putih) yang akan mengelupas. Semakin sering menggaruk dan semakin tebal terjadinya penebalan pada kulit anda maka akan semakin banyak kulit berwarna putih yang muncul. Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan keluhan ini antara lain:

    1. Daerah selangkangan yang cenderung lembab membuat rasa gatal semakin hebat.
    2. Pinggiran pakaian dalam juga sering mencetuskan rasa gatal yang membuat pasien semakin senang untuk menggaruk.
    3. Pakaian yang terlalu ketat juga membuat kulit semakin lembab dan membuat gesekan. Gesekan berulang bisa membuat kulit menebal dan juga terbentuk juga skuama pada proses penyembuhannya.
    4. Dermatitis, misal neuro dermatitis. Sering juga dicetuskan karena stress menimbulkan gatal dan penebalan pada kulit salah satunya di selangkangan.
    5. Infeksi jamur juga bisa menyebabkan keluhan gatal, penebalan kulit hingga muncul kulit berwarna putih.
    6. Dan lain sebagainya

    Silakan memeriksakan diri secara langsung untuk memastikan kemungkinan penyebab.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Jamur atau Bukan pada Selangkangan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.