• Dok saya mau bertanya. Beberapa hari ini selangkangan saya seperti ada kulit yg tumbuh diatas kulit asli. Dan beberapa hari kemudian seperti mengelupas, apa ini jamur selangkangan? lalu bagaimana cara mengobati? dan apa bisa pakai salep dari apotik?trims dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Timbulnya keluhan kulit tumbuh di atas kulit asli yang kemudian mengelupas biasanya terjadi akibat garukan pada kulit. Kulit yang lecet pasca digaruk dalam proses penyembuhannya akan mengering dan timbul skuama (kulit halus yang mengelupas). Yang perlu dicari adalah alasan kenapa kulit di selangkangan tersebut gatal. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan gatal pada selangkangan yaitu antara lain:

    1.       Infeksi jamur, misalnya akibat tinea ataupun candidiasis sering sekali menimbulkan keluhan gatal pada daerah – daerah tertentu terutama pada daerah yang lembab dan tertutup seperti selangkangan. Akibat rasa gatal maka pasien akan secara sadar dan tak sadar menggaruk bagian selangkangannya dan akan menimbulkan luka lecet yang lama kelamaan akan timbul skuama sebagai salah satu fase penyembuhan kulit yang luka.

    2.       Dermatitis alergi juga bisa menyebabkan keluhan gatal pada selangkangan. Biasanya ada faktor pencetus yang menyebabkan keluhan ini seperti celana dalam dengan bahan yang menimbulkan alergi, renda atau pinggiran celana dalam, jeans yang menempel ke kulit dan lain sebagainya.

    3.       Penyebab lainnya

    Berhubung penyakit – penyakit ini memiliki gejala yang hampir mirip maka untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut:

    Ciri-Ciri Jamur di Selangkangan dan Cara Mengobati

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Jamur pada Selangkangan, Apa Obatnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.