• ass dok saya mau tanya,sdh 3hari ini jari manis dan jari tengah tangan kanan suka kesemutan gak hilang2,lengan sebelah kanan terasa sakit2 pegal dan jari2nya kesemutan,dan sendi jari terasa sakit sakit pegal.

    apalagi klo menjelang subuh bangun tidur rasa sakit pegal dan kesemutannya semakin menjadi,sampai membuat saya tidak bisa tidur lagi

    pada saat bawa motor juga pasti kesemutan,baru jarak kira 50meter sdh kesemutan jari2 kanan saya

    hanya jari kanan saja yang kesemutan,begitu juga rasa sakit sakit pegalnya hanya lengan kanan saja

    apa penyebabnya ya dok dan bagaimana cara mengatasinya terima kasih

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kesemutan bisa dialami semua orang baik usia muda ataupun mengenai orang tua. Keluhan ini bisa dirasakan pada tungkai, lengan, bokong dan lain sebagainya. Keluhan kesemutan pada ekstrimitas (anggota gerak), dalam kasus ini adalah pada tangan, bisa disebabkan adanya gangguan pada persarafan yang bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu antara lain karena infeksi, penyakit autoimun, faktor usia, penyakit metabolik ataupun juga akibat faktor pekerjaan. Seseorang dengan pekerjaan banyak menggunakan tangan dan jari untuk bekerja seperti mengetik, menggambar, menggunakan komputer, teller bank dengan kebiasaan menghitung uang dengan tangan, mengulek, memasak, kebiasaan berkendara dengan motor dalam jangka waktu yang lama dan lain sebagainya sering mengalami gangguan pada persarafan tangan sehingga menyebabkan keluhan kesemutan, baal dan gangguan saraf lainnya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang oleh dokter sehingga dapat ditegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda. Untuk pertolongan pertama, bisa diberikan obat simptomatik untuk mengurangi gejala misal obat penghilang nyeri seperti paracetamol, asam mefenamat, dsb. Bisa juga diberikan vitamin B kompleks untuk memberi nutrisi yang baik bagi persarafan anda. Selain itu, ada beberapa upaya untuk mengurangi keluhan anda dan mencegah perburukan keluhan anda yaitu salah satunya dengan mengistirahatkan tangan. Lakukan pola misal 15 menit kerja diikuti 15 menit istirahat. Jangan melakukan pekerjaan terus menerus tanpa diselingi istirahat. Lakukan olahraga peregangan tangan, misal dengan menggenggam dan melepas bola kapas yang khusus untuk latihan peregangan telapak tangan ataupun olahraga lainnya yang serupa.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Jari Kesemutan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.