• Asalam mualaikum dok, anak saya laki laki usia  12 tahun  saya mau bertanya kenapa jari jemari anak saya mengecil sebelah mulai nampak perbedaannya sejak usia 10 tahun aktifitas biasa normal  selama ini tidak ada keluhan sudah di cek ke dr. Syarap  hasilnya normal yang mau saya tanyakan apakah jari jemari anak saya akan mengecil terus untuk mengatasi kasus ini saya harus bagaimana karena merasa khawatir dok trimakasih wasalam…

    Selamat Malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf informasi yang anda sampaikan masih kurang jelas. Adakah keluhan yang menyertai pengecilan tangan anak anda misalnya kesemutan, tangan terasa lemah sebelah dan lain sebagainya? Perlu dilihat gambaran klinis dari tangan dan jari anak anda untuk mencari tahu sejauh apa perbedaan yang terjadi.

    Sebagai informasi untuk anda, jari yang mengecil bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya akibat penciutan otot pada daerah tersebut. Penciutan otot disebut juga dengan atrofi otot, bisa disebabkan oleh berbagai macam sebab antara lain akibat kerusakan otot, kerusakan pada saraf yang mempersarafi daerah tersebut, akibat anggota tubuh jarang digunakan (misalnya karena menjalani tirah baring dalam waktu yang lama dsb).
    Ada beberapa gejala yang muncul akibat atrofi otot yaitu pasien menjadi tidak mampu mengangkat beban hingga gerak yang menjadi terbatas. Namun untuk memastikan apa yang terjadi dengan anak anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih lengkap untuk memastikan apakah otot jari aktif berkontraksi, apakah saraf di daerah tersebut juga berperan secara normal, hingga memastikan tidak adanya keterbatasan gerak dari bagian tubuh tersebut. Silakan kunjungi dokter terdekat di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Jari Tangan Mengecil Sebelah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.