• Dokter, sya resty dgn usia 21 tahun, saya mohon bantuan sarannya dok, tangan kanan saya pada jari tengah dan jari manis terasa kebas, saya kurang nyaman beraktivitas dengan hal ini, belum lagi tangan kanan saya pegal pegal. Mohon sarannya dok, apa yang harus sya lakukan. Trim’s

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Rasa baal dan kesemutan pada jari dan ataupun tangan merupakan salah satu gejala adanya keadaan yang mempengaruhi persyarafan ataupun aliran darah dari pembuluh darah yang menyuplai tangan. Adanya gangguan pada syaraf dan pembuluh darah ini membuat tangan dan jari – jaringan tidak bisa memperoleh nutrisi yang memadai sehingga menimbulkan keluhan tersebut. Gejala baal ataupun kesemutan ini menunjukkan adanya gejala paresthesia pada tangan.

    Secara umum ada beberapa penyebab yang mempengaruhi timbulnya rasa baal dan kesemutan pada tangan antara lain:

    1. Neuropati perifer, yaitu kerusakan pada persyarafan pada ekstrimitas atas (tangan) ataupun ekstrimitas bawah (kaki) yang sering menimbulkan keluhan baat ataupun kesemutan. Neuropati perifer ini bisa disebabkan karena diabetes, konsumsi alkohol yang berlebihan dan lain sebagainya.
    2. Diabetes (kencing manis). Diabetes yang tidak terkontrol sering menimbulkan komplikasi berupa gangguan pada persyarafan dan pembuluh darah terutama pada lengan dan tungkai.
    3. Stroke merupakan salah satu penyakit yang menimbulkan keluhan baal dan kesemutan pada area yang dipersarafi dan diperdarahi oleh syaraf dan pembuluh darah yang mengalami kelainan.
    4. Penyakit vaskular lainnya salah satunya akibat konsumsi rokok yang berlebihan sehingga menyebabkan sumbatan terutama pada pembuluh darah yang memperdarahi tangan dan kaki.
    5. Penyakit infeksi, misalnya kusta/ lepra/ morbus hansen juga bisa menyebabkan gangguan sensori berupa rasa baal dan kesemutan pada bagian tubuh yang terinfeksi. Salah satunya yang sering terkena adalah syaraf medianus, ulnaris, dan radialis yang mempersarafi area tangan dan jari – jarinya.
    6. Faktor pekerjaan yang banyak menggunakan tangan juga bisa menyebabkan kejadian baal dan kesemutan pada tangan, misalnya pegawai yang selalu mengetik menggunakan komputer, teller bank yang sering menghitung uang dengan tangan, tukang masak yang sering mengulek sambal ataupun memotong sayuran dengan menggunakan tangan, dan lain sebagainya.
    7. Dan penyakit lain

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya penyebab keluhan baal dan kesemutan sangat banyak dan terapinya pun tergantung penyebabnya. Sehingga yang paling penting adalah tentukan dahulu penyebabnya. Jika karena faktor pekerjaan tentu cara menghindarinya adalah dengan mengurangi aktivitas yang banyak menggunakan tangan serta perlu dilakukan istirahat tiap anda bekerja menggunakan tangan secara intens. Namun jika karena infeksi, tentu harus diatasi infeksinya dengan konsumsi obat-obatan tertentu.

    Jika keluhan anda sangat mengganggu, perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk menentukan penyebab pastinya serta mendapat terapi yang tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Jari Tengah dan Jari Manis Kebas

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.