• Siank dok,  tadi anak saya jatuh dari kursi, usia 15 bulan,kepala benjol, apa perlu d lakukan ct scan,sy tkot k depan nya terjadi apa2,ank satu2 dan 4 tahun kosong baru sy hmil,sy tkot dok,mhon penjelasan nya,terima kasih

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kejadian jatuh dari ketinggian pada bayi (usia kurang dari 1 tahun) ataupun anak (lebih dari 1 tahun) seringkali terjadi. Biasanya bayi atau anak ini terjatuh dari tempat tidur atau kursi. Walaupun bisa menjadi masalah yang serius, namun kebanyakan kejadian ini tak berakibat fatal bagi anak itu sendiri. Namun perlu diperhatikan setinggi apa anak tersebut terjatuh, posisi anak saat terjatuh, kemudian respon apa yang terjadi setelah kejadian itu dialami. Anda perlu khawatir jika memang terdapat tanda – tanda sebagai berikut:

    1. Anak menjadi pingsan atau terjadi penurunan kesadaran
    2. Muntah – muntah berulang
    3. Sakit kepala berlebihan
    4. Anak menjadi gelisah berlebihan, bingung, meracau
    5. Kejang
    6. Adanya kekakuan pada leher
    7. Adanya benjolan terutama di bagian samping kepala

    Jika ada beberapa tanda – tanda seperti di atas maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk memastikan keadaan anak ibu.

    Tidak semua benjolan yang timbul pada kepala anak setelah jatuh merupakan tanda bahaya, seringkali hanya merupakan memar biasa. Oleh karena itu jika hanya terdapat benjolan saja tanpa tanda bahaya lain seperti di atas, maka anda bisa mengobservasi keadaan anak anda di rumah saja. Amati tiap 2 hingga 3 jam apakah ada gejala – gejala di atas yang menyertai, pengamatan ini bisa dilakukan hingga 2 – 3 x 24 jam.

    Untuk keluhan benjolan ini bisa diatasi sementara dengan pemberian obat penghilang nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Kemudian benjolan bisa dikompres es untuk meredakan peradangan.

Beranda Tanya Dokter Anak Jatuh dari Kursi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.