• Kenapa ya dok jempol kaki sebelah kiri saya kesemutan sudah berhari hari tanpa berhenti

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kesemutan biasanya dirasakan pada bagian ekstrimitas tubuh baik ekstrimitas atas (lengan dan jari – jari tangan) serta ekstrimitas bawah (tungkai dan kaki). Keluhan ini sering sekali dirasakan oleh hampir tiap individu. Kesemutan umumnya terjadi karena adanya hambatan aliran darah ke daerah tertentu akibat berbagai macam hal. Aliran darah yang tak lancar ke bagian tubuh tertentu akan menyebabkan saraf kekurangan nutrisi sehingga muncul keluhan kesemutan.

    Ada banyak faktor penyebab kesemutan khususnya pada ibu jari kaki (misal ibu jari) yaitu antara lain:

    1. Diabetes melitus merupakan penyakit akibat peningkatan kadar gula darah yang menimbulkan komplikasi berupa neuritis diabetikum. Keluhan yang muncul akibat penyakit ini adalah kesemutan. Kaki adalah yang paling sering dan pertama kali muncul keluhan tersebut.
    2. Buerger disease. Penyakit gangguan di pembuluh darah dan saraf ini dicetuskan terutama akibat kebiasaan merokok yang banyak dan dalam jangka waktu lama.
    3. Infeksi bakteri tertentu sering menyebabkan gangguan pada saraf. Jika yang terkena adalah saraf yang mempersarafi ibu jari kaki maka keluhan kesemutan pada daerah tersebut bisa terjadi.
    4. Faktor pekerjaan tertentu dengan kaki sebagai titik tumpunya
    5. Penyakit saraf lainnya.

    Untuk memasikan diagnosis penyebab keluhan anda maka harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang oleh dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Jempol Kaki Kesemutan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.