• Sore dok,,

    ingin melanjutkan yg kemarin,. Jadi pagi saya menggunakan bawang putih & madu sekitar 1,5 jam, hasilnya area yg saya tempelkan menjadi bengkak berwarna merah pekat (hitam) seperti radang,, lalu malamnya saya mencoba dengan masker DAUN MINAHONG sampai pagi,, hasilnya bengkaknya kempes tapi warna masih belum pudar & juga cairan yg keluar bertambah yg tadinya hanya ada di pipi sebelah kiri sekarang ke2 pipi keluar cairan di beberapa titik yg radang itu,,. lalu saya pergi kuliah & sy menggunakan masker dilapisi tisu u/ menutupinya (malu dg bengkakny) & cairan itu menempel di tisu (cairannya tidak hilang),, cairan itu sampai sekarang masih keluar,,.

    jadi efek dari bawang putih itu kemarin buruk / memang itu efek proses dari pengeluaran kotoran jerawat dalam bentuk cairan (nanah cair) dok?

    bekas hitamnya itu apakah bisa hilang?

    & adakak cara alami lain dok yg tidak keras seperti bawang putih?

    lalu setelah kejadian ini sy tidak mencuci muka di area jerawat itu (sy lewati bagian yg membengkak),, apakah ini benar / sebaiknya sy kenakan juga dok? karna ketika sy basuh dg air terasa perih, jadi apakah dilewati / tidak dok?

    trima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Seperti yang sudah saya jelaskan kemarin, efek dari pengolesan bawang baik bawang merah dan bawang putih ke kulit anda terutama kulit wajah bisa menimbulkan iritasi pada kulit karena efek panas yang dimiliki oleh bawang tersebut. Jika pengolesan dilanjutkan terus menerus kulit akan semakin dalam mengalami iritasi dan menimbulkan erosi (tergerusnya lapisan atas kulit) sehingga menimbulkan keluarnya cairan serosa (cairan berwarna bening kekuningan) dari permukaan kulit. Cairan ini timbul karena kulit yang luka, bukan karena pengeluaran kotoran jerawat yang anda maksud. Jika anda masih tetap terus menerus mengoleskan bawang ataupun ramuan lainnya yang tidak bersih maka luka akan semakin dalam dan bisa disertai infeksi. Oleh karena itu saya anjurkan untuk menghentikan tindakan – tindakan tersebut.

    Ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter terutama dokter kulit untuk mendapat terapi yang paling tepat. Perlu dilihat sejauh apa luka yang timbul, apakah ada infeksi yang menyertai sehingga bisa diberikan terapi yang paling tepat sesuai kondisi anda. Karena semakin baik penanganan dari dokter maka luka lebih cepat sembuh dan efek samping pasca luka seperti flek kehitaman pasca iritasi bisa diminamilisir.

    Silakan anda baca link berikut:

    Cara Alami Menghilangkan Jerawat

    Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tuntas

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengobati Jerawat dengan Bawang Putih dan Madu

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.