• Dok saya sering mengantuk waktu berkendara, tidur cukup tapi tetap merasa kantuk saat berkendara, saya penikmat kopi hitam. hampir 1 gelas sehari dengan takaran yg cukup kental, Apakah karena saya sering minum kopi , dosis kafein pada segelas kopi jadi tidak berpengaruh untuk melawan rasa kantuk dok? apakah berbahaya dok jika mengkonsumsi kopi rutin 1 gelas sehari?.

    terimakasih,

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kafein merupakan suatu senyawa aktif yang bisa ditemukan dalam kopi, teh ataupun cokelat. Kandungan kafein dalam masing – masing jenis makanan dan minuman tersebut berbeda- beda. Jika dibandingkan, di antara ketiganya maka kopilah yang mengandung kafein lebih banyak. Dalam satu cangkir kopi sendiri, kandungan kafein tidak sama tergantung dari jenis biji kopi dan juga proses pengolahan biji kopi tersebut hingga bisa dikonsumsi. Secara umum,  dalam satu cangkir kopi mengandung hampir 100 mg kafein.

    Kafein dipercaya dapat membuat seseorang lebih bersemangat, meningkatkan konsentrasi dan yang paling banyak dikenal adalah dapat membuat seseorang menjadi sulit untuk tidur. Efek kopi yang membuat seseorang dapat menahan kantuknya ini seringkali dimanfaatkan bagi mereka yang butuh untuk mensiagakan matanya. Namun bagi seseorang yang terbiasa minum kopi setiap harinya apalagi dalam jumlah banyak ataupun terbiasa minum kopi dengan kandungan kafein tinggi maka tubuh akan menyesuaikan diri dan beradaptasi sehingga efek kopi untuk menahan kantuk menjadi berkurang. Untuk kasus anda maka tak heran jika hal tersebut terjadi, apalagi dengan kebiasaan anda mengkonsumsi kopi yang kental. Seseorang dianjurkan untuk meminum kopi tidak lebih dari 2 cangkir kecil saja setiap harinya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kafein Tidak Mengalahkan Rasa Kantuk

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.