• Dok, bapak saya secara tiba-tiba kakinya bengkak disertai sesak di dada karena pengaruh ke jantung dan sempat di rawat d Rs. selama 9 hari tetapi kakinya belum kunjung sembuh, malah waktu hari ke 2 bengkak kakinya mengeluarkan cairan,v dan sekarang kulitnya mengelupas, dan bau tu kenapa ya dok,, karena waktu d Rs. pihak Rs. mnymbuhkn jantungnya dulu dan dokter juga kurag paham dengan penyakit kaki bapak saya.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kaki bengkak akibat tertumpuknya cairan pada jaringan interstitial atau yang disebut dengan istilah edema dapat disebabkan oleh beberapa penyakit, mulai dari kekurangan protein dalam tubuh, infeksi, penyakit jantung, gangguan di ginjal dan lain sebagainya. Pada penyakit jantung, misal gagal jantung, keluhan bengkak pada kaki bisa disertai keluhan lain antara lain dada terasa sesak, tidak kuat melakukan aktivitas ringan hingga berat (tergantung derajat penyakitnya), dan lain sebagainya. Namun umumnya tidak ada keluhan kulit mengelupas disertai bau seperti yang dialami oleh ayah anda. Saya menduga adanya proses penyakit lainnya yang mungkin terjadi, misalnya akibat infeksi atau karena sebab lain yang memang harus dibuktikan dengan pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang yang sesuai.

    Saya menyarankan agar ayah anda juga melakukan skrining diabetes melitus (kencing manis) dengan melakukan pemeriksaan gula darah, terutama gula darah puasa dan gula darah dua jam post prandial. Hal ini penting untuk mengetahui apakah kadar gula darah ayah anda berada dalam batas normal atau tidak. Peningkatan kadar gula darah sering mencetuskan keluhan di kulit dan meningkatkan resiko infeksi. Jika gula darah berlebih sering muncul luka pada kaki yang sukar sembuh. Untuk itu ada baiknya konsultasikan lagi penyakit ayah anda secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kaki Bengkak Secara Tiba-tiba

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.