• Dear dokter.

    Tukang yg bekerja di rumah saya, kakinya bengkak setelah pekerjaan pengecoran rumah. Kemungkinan krn terlalu lama bersentuhan dg semen. Ke dokter apa sebaiknya dia berobat. Mohon advisenya. Terima kasih.

    Ebytha – Makassar

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf keterangan yang anda sampaikan masih kurang jelas. Bengkak seperti apa yang dialami oleh pekerja anda. Penyebab bengkak di kaki bisa beraneka ragam, antara lain karena:

    1. Infeksi pada kaki baik karena bakteri, virus, jamur atau karena mikroorganisme lainnya. Keluhan yang muncul bisa berupa nyeri, kemerahan pada kulit, bengkak, bisa disertai keluarnya nanah dari kulit dan lain sebagainya.
    2. Dermatitis kontak iritan (DKI) ataupun dermatitis kontak alergen (DKA). Semen bisa menjadi salah satu faktor penyebab penyakit dermatitis kontak. Jika yang terjadi adalah dermatitis kontak iritan maka keluhan yang muncul bisa berupa rasa perih, kadang gatal, kemerahan pada kulit bahkan bisa bengkak. Dermatitis kontak alergi memiliki gejala yang mirip dengan DKI, namun keluhan gatal lebih dominan.
    3. Infeksi cacing juga sering terjadi pada pekerja bangunan, tambang dan lain sebagainya. Terutama jika para pekerja ini tidak menggunakan alas kaki yang memadai pada saat melakukan pekerjaannya. Keluhan yang muncul akibat infeksi cacing sebenarnya tergantung cacing penyebab. Secara umum gejala yang muncul bisa berupa kemerahan pada kulit, bengkak dan lain sebagainya.
    4. Penyebab lainnya

    Pekerja anda bisa diperiksakan terlebih dahulu ke dokter umum. Namun jika ingin memeriksakan ke dokter spesialis, maka spesialis kulit bisa menjadi rujukan pertama. Walaupun tak menutup kemungkinan penyebab keluhan pekerja anda akibat gangguan di organ dalam, misal karena kencing manis, dll.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kaki Bengkak Sehabis Mengecor Bangunan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.