• halo dok nama saya ian, umur saya 20th, dok saya ingin bertanya kaki saya cantengan yg mengeluarkan darah & nanah bengkak dan nyeri bagian kuku
    kalo saya obati pakai revanol bisa atau tidak ya dok. sekian terimakasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Cantengan merupakan keluhan yang sangat mengganggu bagi individu yang mengalaminya. Apalagi jika munculnya di kaki sehingga membuat pasien menjadi susah berjalan menggunakan sepatu akibat nyeri yang timbul. Cantengan dalam dunia kedokteran disebut juga paronikia yang terjadi akibat infeksi oleh bakteri ataupun jamur pada kuku dan jaringan di sekitar kuku. Keluhan ini sering terjadi karena kebiasaan menggunting kuku terlalu dalam, , kebiasaan menggigit kuku, hingga iritasi kronis akibat air atau detergen atau karena penggunaan alas kaki yang terlalu sempit.

    Penggunaan rivanol untuk kuku yang cantengan dapat dilakukan. Namun penggunaannya lebih untuk mengurangi bengkak dan keluhan lain yang muncul. Rivanol juga membantu untuk mengurangi produksi nanah yang muncul pada penderita keluhan ini. Namun pemberian rivanol terkadang tidak cukup untuk menyembuhkan keluhan ini. Pasien juga perlu diberikan antibiotik jika memang penyebabnya bakteri atau obat anti jamur jika penyebabnya karena jamur.  Bahkan jika telah terbentuk abses, maka harus dilakukan sayatan / insisi untuk mengeluarkan nanah. Kuku juga kadang perlu dicabut atau ekstraksi jika telah terinfeksi dan lepas dari bantalan kukunya. Selain pengobatan di atas, perlu pencegahan lainnya untuk menghindari keluhan ini misalnya dengan tidak mengorek kuku terlalu dalam, hindari kebiasaan menggigit kuku dan hindari pemakaian sepatu terlalu sempit.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    antibiotik diminum atau diolesi ya dok.
    mohon jawabannya.

Beranda Tanya Dokter Kaki Cantengan Diobati Rivanol, Bolehkah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.