• Malam dok, saya pria usia 40 tahun tinggi 170 berat terakhir 69/71kg.

    Belakangan jika masuk waktu malam saya mengalami rasa dingin di kaki sampai betis padahal kondisi cuaca normal. Dan saya merasa sehat dan baik baik saja.

    Dan dua hari lalu saya kena flu disertai demam seluruh badan terasa dingin akan tetapi istri saya bilang badan saya pana.

    Namun alhamdulillah hari ini sudah merasa lebih baik bahkan saya merasa gerah dan terus berkeringat disore hari hingga harus mengganti baju hingga 4 kali. Tapi saya baru sadar kok kaki hingga betis saya terasa dingin sampai sampai saya harus gunakan kaos kaki.

    Gejala apakah ini dok,

    Apakah diusia seperti saya termasuk normal dan biasa dialami orang seusia saya

    Adakah cara sederhana untuknmenghilangkannya. Demikian dok mohon penjelasan dan terimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kaki (betis hingga telapak kaki) yang terasa dingin dingin bisa disebabkan karena banyak hal antara lain karena kurangnya asupan darah ke daerah tersebut ataupun karena hal lain yang lebih umum terjadi yaitu pada saat kondisi udara yang dingin. Namun sebagai informasi ada juga beberapa penyebab yang membuat kaki terasa dingin meskipun  saat itu cuaca tidak sedang dalam keadaan dingin yaitu antara lain adalah :

    • Akibat gangguan pembuluh darah perifer
    • Karena kekurangan vitamin
    • Kencing manis atau diabetes melitus
    • Kebiasaan mengkonsumsi alkohol
    • Hipotiroid (kekurangan kadar hormon tiroid)
    • Penyakit Raynaud
    • Efek obat – obatan tertentu
    • Penyebab lainnya

    Jika keluhan yang anda alami tidak mengganggu dan tanpa ada keluhan lain yang menyertainya maka hal tersebut tak menjadi masalah. Apalagi jika keluhan tersebut hanya terjadi saat cuaca atau suhu yang dingin, maka cukup dengan menggunakan pakaian yang tebal, menggunakan kaos kaki, dan merendam kaki dalam air hangat, maka keluhan yang anda rasakan tersebut akan berkurang. Namun jika keluhan tersebut sangat mengganggu ataupun ada keluhan lain yang menyertainya, maka silakan konsultasi secara langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail guna menegakkan diagnosis keluhan yang anda rasakan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Kaki Hingga Betis Terasa Dingin

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.